Pariwara
Wakatobi

Inspektorat Wakatobi Telusuri LPj DD

Juhaidin

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus yang menimpa sejumlah oknum kepala desa (Kades) atas dugaan penyelewangan alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD), seharusnya menjadi pelajaran berharga. Tak hanya dalam pengelolaan anggaran yang masih harus dibenahi, laporan pertanggungjawaban (LPj) setiap kegiatan atau proyek di desa-desa diketahui, nyaris sama. Bahkan telah menjadi catatan penting pihak Inspektorat Wakatobi untuk ditelusuri.

Kepala Inspektorat Wakatobi, Juhaiddin, mengungkapkan sumber daya manusia (SDM) tiap aparatur desa, masih harus dibenahi. “Belum memadai dan perlu peningkatan kualitas, utamanya dalam pengelolaan serta penuntasan administrasi. Yang saya herankan, semua LPj kegiatan atau proyek di tiap-tiap desa hampir sama. Ini nantinya yang akan saya telusuri. Kok bisa rapi seperti itu,” beber Juhaiddin, akhir pekan lalu.

Ia mengaku, terlalu detailnya LPj yang diserahkan, berbanding terbalik dengan kemampuan SDM aparatur desa yang diketahui. Tak hanya itu, kegiatan hingga proyek di desa-desa dianggap nyaris sama. “Kegiatannya hampir sama, LPj juga sama. Saya berpikir, luar biasa hebat-hebat juga mereka ini. Ini nanti yang akan saya usut juga di bagian keuangan,” tambahnya.

Sebelumnya, Kasiintel Kejari Wakatobi, Rudy, SH, mengaku heran dengan pengadaan dan kegiatan proyek pada sejumlah desa yang hampir sama. Mulai dari kegiatan hingga laporan nyaris tak ada bedanya. Sekadar diketahui, dari 75 desa yang tersebar pada beberapa pulau di Wakatobi, lebih dari 10 mantan dan oknum Kades telah dilaporkan masyarakat karena dugaan penyelewangan pengelolaan ADD dan DD. Aduan tersebut mulai diperiksa bahkan telah ditindaklanjuti, baik pihak Inspektorat, Polres Wakatobi hingga Kejaksaan Negeri. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top