Pariwara
Politik

DCS Rampung, 11 Bacaleg Dinyatakan Gugur

PLENO PENYUSUNAN DCS : Ketua KPUD Koltim, Darwis (kanan), Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Adly Yusuf Saepi (dua dari kiri) bersama komisioner lainnya saat menerima LO partai dalam penyusunan DCS akhir pekan lalu. FOTO: KUSDIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapn penyusunan daftar calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Kolaka Timur (Koltim) rampung. Setelah melalui tahapan verifikasi, hanya 272 Bacaleg yang dinyatakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat memenuhi syarat (MS) untuk ditetapkan dalam DCS.

“Alhamdulillah, DCS-nya sudah kita plenokan. Hasilnya akan segera kita umumkan. Jadi publik bisa melihat Bacaleg yang dinyatakan MS,” beber Adly Yusuf Saepi, Komisioner KPUD Koltim saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (12/8).

Dari hasil verifikasi lanjut Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, sebanyak 11 Bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Sementara 272 Bacaleg lainnya berhak maju ke tahapan selanjutnya. Namun sebelum ditetapkan menjadi daftar calon tetap (DCT), KPU masih akan meminta tanggapan dan masukan masyarakat terhadap DCS.

“Bila tanggapan masyarakat itu menyebabkan Bacaleg tak memenuhi syarat, maka yang bersangkutan akan dicoret. Bagi Parpol yang Bacalegnya dicoret, diberi kesempatan melakukan perggantian. Setiap tanggapan, penyelenggara tetap memberikan ruang bagi Parpol maupun Bacaleg melakukan klarifikasi,” jelas alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini.

Jika ada Bacaleg yang mengundurkan diri, pihaknya tetap membuka ruang untuk melakukan pergantian. Namun hanya untuk Bacaleg perempuan sebab dianggap bisa memperngaruhi keterwakilan 30 persen perempuan. Tapi jika Bacalegnya laki-laki, maka tidak bisa dilakukan pergantian.

“Pasca penetapan DCS, kami akan umumkan DCS dan persentase keterwakilan perempuan di media cetak. Apalabila ada saran dari masyarakat, maka KPU akan memberikan ruang parpol untuk masukan tersebut. Sebelum ada penetapan DCT. Apabila ada Parpol yang keterwakilan perempuan tidak memenuhi 30 persen dalam satu Dapil, maka dinyatakan gugur,” imbuhnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top