Pariwara
HEADLINE NEWS

Jejak Mistis Dibalik Eksotisme Air Terjun Tanggaruru di Kolut, Gua di Bawahnya Dijaga Ular Aneh

AIR TERJUN: Beginilah keindahan air terjun Tanggaruru di Desa Purehu, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Dibalik eksotismenya, ternyata ada jejak misteri yang menyelimuti tempat itu. Foto: Muh. Rusli/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Desa Purehu, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kini sering dikunjungi warga. Sebab, di daerah itu ada sebuah objek wisata alam yang eksotik bernama Tanggaruru. Letaknya, sekira tiga kilometer dari pusat ibu kota kabupaten, Lasusua. Dibalik keindahannya, ternyata ada “kabut” misteri yang belum terungkap hingga kini. Terutama keberadaan gua di bawahnya.

Rasa lelah terbayar ketika sudah tiba di lokasi air terjun Tanggaruru. Suara deru air yang indah, ditambah pemandangan alamnya begitu eksotis. Rasanya, sulit untuk meninggalkan tempat itu. Begitulah dirasakan Rudi beserta beberapa temannya warga Lasusua yang penasaran untuk datang di tempat itu, Jumat (10/8).

Pria paruh baya ini sudah sebenarnya sudah lama mendengar keindahan air terjun Tanggaruru. Namun takut datang sendiri, karena cerita masyarakat bahwa tempat itu sedikit angker. Barulah ada beberapa temannya baru berani datang. “Ternyata air terjun ini memang indah,” ujar Rudi.

Wawan, warga Kolaka Utara lainnya, mengaku sudah seringkali datang di tempat itu. Hanya memang tidak berani juga datang sendiri. Sebab, selain tampak angker, dirinya khawatir penunggung gua yang ada di bawah air terjun keluar. “Kabarnya, ada warga yang pernah lihat ular aneh keluar dari gua saat mandi di sini. Makanya, tidak berani datang sendiri,” ungkapnya.

Ular aneh dimaksud adalah seekor mahluk yang mirup ular, besar tapi panjangnya hanya sekitar setengah meter (50 cm). Mahluk ini biasa muncul, hanya pada saat-saat tertentu saja. “Kepercayaan warga di sini, ular itu akan keluar kalau diganggu. Hanya kami tidak tahu, gangguangnya seperti apa,” jelasnya. Sejak ditemukan dua tahun lalu, misteri ini belum juga terpecahkan.

Masyarakat Desa Purehu melabeli objek wisata air terjun di daerahnya dengan nama Tanggaruru. Hal itu bertujuan agar orang yang penasaran ingin berkunjung mudah menemukannya. Desa Purehu hanya berjarak tiga kilometer dari jalan Trans Sulawesi. Jalan menuju ke sana telah dirabat beton dan air terjunnya berada di sisi kanan jalan, dekat, berkisar 50 meter dari rumah warga.

Kendari Pos telah mengunjungi air terjun itu. Air pegunungan yang tumpah dari dataran tinggi setempat, ketinggiannya mencapai 30 meter dan menghadap ke barat daya desa. Di bawahnya, ada gua. Pengunjung lebih suka bersandar di tepian bebatuan aliran sambil dihujani tumpahan air saat berkunjung karena. Juga bisa berendam karena terdapat kubangan air berdiameter 5 meter tepat di ujung jatuhnya terjunan air itu.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top