Pariwara
Metro Kendari

Vaksinasi Measles Rubella Tetap Berjalan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Vaksinasi Measles Rubella (MR) yang dimulai 1 Agustus lalu masih menjadi polemik hangat di kalangan masyarakat. Alasannya, vaksin MR tersebut belum dibubuhi label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pasca “protes” MUI itu, Pj. Gubernur Sultra Teguh, Setyabudi mengeluarkan instruksi agar suntik imun tubuh itu ditunda sementara hingga turunnya fatwa MUI. Namun vaksinasi di sekolah-sekolah di kabupaten dan kota tetap berjalan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Zuhuddin Kasim mengatakan imunisasi MR itu tetap mengacu pada instruksi pemerintah pusat. “Kita di daerah itu, pada prinsipnya menyesuaikan karena ini kegiatan nasional. Karena ada koordinasi dengan MUI juga maka posisinya kita sampai hari ini menunggu edaran dari pusat,” ujarnya, Jumat (10/8).

Menyesuaikan yang dimaksud itu sesuai dengan instruksi Pj. Gubernur bahwa penundaan sementara saja ditingkat provinsi. Seremoni vaksinasi di tingkat provinsi yang semua diagendakan di SMPN 5 Kendari pada 13 Agustus nanti ditunda. Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Sultra itu menambahkan imunisasi MR di tingkat kabupaten dan kota masih tetap berjalan dan itu tak menyalahi aturan.

Bahkan sudah menindaklanjuti surat edaran Menkes terbaru. Dalam surat edaran nomor HK0201/menkes/444/2018 tentang pelaksanaan kampanye imunisasi Measles Rubella fase dua memuat beberapa hal. Diantaranya, pelaksanaan imunisasi MR bagi masyarakat yang tidak memiliki keterikatan aspek syar’i dilakukan secara profesional sesuai dengan ketentuan teknis.

Selain itu, pelaksanaan imunisasi MR bagi masyarakat yang mempertimbangkan aspek kehalalan dan atau kebolehan vaksin secara syar’i diundur sampai MUI mengeluarkan fatwa. Termasuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang memilih menunggu terbitnya fatwa MUI agar memperoleh imunisasi MR sampai akhir September 2018.

“Ini hampir semua daerah 17 kabupaten dan kota sudah jalan di sekolah-sekolah. Bagi yang belum siap, tidak masalah. Nanti menyusul. Kalau untuk bayi kan nanti September di Posyandu. Sedangkan disekolah-sekolah tahapannya sampai Agustus ini, ” tutup Zuhuddin Kasim. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top