Pariwara
Politik

KPUD Bombana Warning Bacaleg Berstatus ASN dan TNI

Kasjumriati

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Bombana yang berstatus aparatur sipil (ASN) harus segera menyetor surat keputusan (SK) pemberhentian. Jika tidak, keberadaan mereka dalam daftar calon akan dicoret. Sesuai tahapan, penyerahan SK pemberhentian sebelum penetapan daftar calon tetap (DCT) atau tanggal 20 September.

Dari hasil verifikasi berkas, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bombana menemukan tiga Bacaleg yang berstatus ASN. Sampai saat ini, mereka baru mengajukan surat permohonan diri. Selain ASN, penyelenggara juga mengidentifikasi Bacaleg TNI.

“Jika bulan September nanti belum menyodorkan SK pemberhentian, maka pencalegan mereka akan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Secara keseluruhan ada empat Bacaleg. Tiga berstatus ASN dan satunya dari unsur TNI,” beber Kasjumriati, Komisioner KPUD Bombana, Jumat (10/8).

Empat Bacaleg tersebut lanjutnya, diusung partai politik (Parpol) berbeda yakni Partai Golkar, Partai Perindo, Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Salah seorang Bacaleg ASN kata dia, masih menduduki jabatan eselon II di pemerintah kabupaten (Pemkab) Bombana.

Untuk Bacaleg TNI berasal dari partai Golkar untuk Dapil I Kecamatan Rumbia. Sementara tiga bacaleg dari ASN itu masing-masing, Partai Perindo Dapil IV Kecamatan Rarowatu dan pemekarannya, Gerindra di Dapil V Kecamatan Kabaena serta PPP di Dapil I Kecamatan Rumbia.

“Empat bacaleg tersebut, belum menyetorkan SK pemberhentian sebagai abdi negara. Kami masih terus menunggu. Yang pasti satu hari sebelum penetapan DCT mereka sudah harus menyerahkan SK pensiun atau SK pemberhentian. Jika tidak, kami nyatakan TMS,” ujarnya.

Sesuai tahapan, KPUD Bombana menjadwal batas penyetoran SK pemberhentian dimulai tanggal 14 hingga 20 September 2018. Dan untuk pengumuman DCT, mulai 21-23 September 2018. “Jadi kami harap disetorkan sebelum waktu yang ditentukan. Saya berharap ini menjadi perhatian Bacaleg dan Partainya,” tutupnya. (b/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top