Pariwara
Metro Kendari

Farmasi dan Analis Kesehatan, Dinkes Kendari Butuh Dokter Umum

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg. Rahminingrum.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari berupaya keras untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sayangnya, upaya itu terganjal dengan minimnya tenaga dokter umum yang dimiliki. Termasuk tenaga medis lainnya seperti farmasi dan analis kesehatan.

Dinkes telah memetakan kebutuhan tersebut. Dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) nanti, Dinkes berharap ada kuota untuk dokter umum, farmasi dan analis kesehatan yang diusulkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari ke pemerintah pusat.

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg.Rahminingrum mengatakan
tenaga sumber daya kesehatan yang ada saat ini telah tersebar diberbagai titik pelayanan kesehatan. Namun, masih ada beberapa yang belum terpenuhi. “Yang dirasakan masih kurang saat ini adalah dokter umum, tenaga farmasi dan analis kesehatan,” ujar drg.Rahminingrum saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/8).

drg. Rahminingrum menegaskan pihaknya sangat membutuhkan tenaga tiga bidang tersebut. Dia berharap dalam kebutuhan itu terakomodir dalam seleksi CPNSD nanti. Soal ada atau tidaknya kuota itu, drg.Rahminingrum enggan memastikan. “Kuota itu menjadi kewenangan BKPSDM. Kita hanya menggunakan apa yang diusulkan pemerintah,” jelasnya.

Dari sisi jumlah sumber daya kesehatan lainnya, seperti dokter gigi, bidan dan perawat dinilai relatif cukup. “Untuk tenaga bidan dan perawat sudah cukup. Justru jumlah perawat kita berlebih. Hanya memang dari sisi distribusi itu yang harus kita tata kembali,” ungkap drg.Rahminingrum.

Langkah menyiasati kekurangan tenaga dokter dan lainnya dilakukan dengan memaksimalkan SDM kesehatan yang ada, baik di Puskesmas maupun rumah sakit. Tentunya demi memastikan pelayanan kesehatan berjalan maksimal. (wan/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top