Pariwara
Politik

6 Ribuan Pemilih Kendari Terindikasi Ganda

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari harus bekerja ekstra membenahi data pemilih. Dari hasil identifikasi data pemilih, penyelenggara menemukan 6 ribu pemilih yang terindikasi ganda. Hal itu diketahui setelah KPU Kota Kendari menyandingkan data hasil verifikasi faktual panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dengan sistem informasi data pemilih (Sidalih).

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengaku telah menginstruksikan PPK dan PPS mengecek temuan pemilih ganda. Hal ini dilakukan untuk memastikan pemilih tersebut benar adanya. Pemilih ganda lanjutnya, ditemukan di 10 kecamatan. Misalnya, kegandaan dalam tempat pemungutan suara (TPS), Kelurahan, Kecamatan.

“PPS telah turun di lapangan melakukan verifikasi faktual terhadap pemilih yang diduga ganda tersebut. Untuk memaksimal upaya itu, tim di lapangan terus berkoordinasi. Jika tidak memenuhi syarat (TMS), maka langsung akan dicoret,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/8).

Dari hasil penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), jumlah pemilih berpotensi berubah. Selain pemilih ganda, pihaknya juga menemukan pemilih yang telah meninggal dan pindah domisili. Bukan hanya itu, KPU juga mencatat adanya tambahan pemilih pemula.

“Jadi jumlah DPSHP 187.955 pemilih pada Pemilu 2019 ini kemungkinan berkurang dan bertambah. Esok (hari ini), PPS akan melakukan pleno DPSHP akhir. Hasilnya, baru bisa ketahuan setelah direkap,” jelas pria yang akrab disapa Alex ini. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top