Pariwara
Politik

13 Balon Anggota DPD Sultra Pengurus Parpol, KPU: Baru Amirul Yang Mengajukan Pengunduran Diri

KENDARIPOS.CO.ID — Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan bakal calon (Balon) anggota DPD RI mundur dari pengurus partai politik (Parpol) belum sepenuhnya ditindaklanjuti. Dari hasil verifikasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menemukan 13 Balon DPD RI asal Sultra yang masih menjabat dalam struktural Parpol.

Berdasar data yang dikumpulkam, 13 nama tersebut adalah Amirul Tamim (PPP), Yasin Welson Lajaha (Golkar), Ruslimim Mahdi (Golkar), La Ode Saera (Golkar), Eptati Kamaruddin (Gerindra), Samsu Sp (Golkar), Muh Jafar (PDIP), Ferry Angriawan (Hanura). Selain itu juga ada Sopian Hadi (Demokrat), LM Baharuddin (PAN), Sabaruddin Labamba (PAN), Agus Salim (Berkarya) dan Ridwan Zakaria (PAN).

“Memang benar, masih ada sejumlah Balon anggota DPD RI yang menjadi pengurus Parpol. Kami sudah melakukan identifikasi. Kalau tidak salah ingat, sekitar 13 nama calon anggota DPD,” kata Ade Suareni, Koordinator Divisi Hukum KPU Sultra saat dihubungi melalui teleponnya, Jumat (10/8).

Untuk menindaklanjuti putusan MK tersebut, mantan Ketua KPU Kota Kendari ini mengaku belum memiliki dasar hukum untuk melakukan tindakan. “Ini kan baru putusan MK. Saya kira itu wajib dilaksanakan. Namun sampai saat ini belum ada perintah jelas terkait hal tersebut yang tertuang dalam perintah khusus atau dalam bentuk peraturan KPU (PKPU),” jelasnya.

Meski begitu, ia berharap agar para calon bisa berinisiatif sendiri terkait pengunduran diri sebagai pengurus di partai politik. “Sebenarnya tidak perlu menunggu kejelasan terkait aturan dari KPU. Putusan MK sudah jelas tinggal dijalankan saja,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis KPU Sultra, Iwan Rompo mengaku telah berkonsultasi dengan KPU RI terkait calon anggota DPD yang masih tergabung dalam kepengurusan Parpol. Hasil konsultasi tersebut masih menunggu kepastian PKPU untuk menindaklanjuti putusan MK tersebut. “Kita tunggu saja PKPUnya. Untuk saat ini masib belum ada ketegasan apakah KPU harus menelusuri atau bagaimama, kita belum ada dasar hukum,” jelasnya.

Namun sampai saat ini, Iwan mengungkapkan baru Amirul Tamim yang telah menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai pengurus partai politik. “Saya masih di Jakarta. Jadi setau saya yang masuk baru Amirul Tamim. Sedangkan untum yang lain, apakah sudah masuk apa belum itu saya tidak memantau karena saya masih diluar kota,” ungkapnya.

Sementara calon anggota DPD RI Ferry Angriawan yang teridentifikasi masih menjadi pengurus partai politik mengaku sudah mengajukan surat pengunduran dirinya. “Ia saya sudah mengetahui terkait putusan MK tersebut. Jadi sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum maka kita harus mematuhinya dan menjalankan,” ungkapnya.

Politisi Hanura ini mengaku telah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai pengurus Hanura. “Sudah saya ajukan pengunduran diri dan juga sudah saya serahkan ke KPU,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top