Pariwara
Konawe Selatan

Warga Kolono di Konsel Dilatih Budi Daya Ikan

KAMALUDDIN/KENDARI POS
DKP : Suasana pelatihan budi daya perikanan yang digelar pihak DKP Konsel bagi para nelayan di Teluk Kolono.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) mewujudkan kawasan budi daya perikanan di Teluk Kolono terus digalakkan. Terbaru, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konsel menggelar pelatihan budi daya air laut di Desa Rumba-rumba, Kecamatan Kolono Timur, Kamis (9/8). Sebanyak 70 peserta dari kelompok nelayan ikut serta dalam pelatihan tersebut.

Kepala DKP Konsel, Irwan Hasanuddin Silondae, mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari upaya Pemkab dalam menetapkan Teluk Kolono itu sebagai kawasan budi daya perikanan. “Kegiatan ini juga sesuai visi misi DKP menjadikan perikanan yang lestari. Yakni bagaimana meletakkan cara budi daya ikan yang baik (CBIB),” ungkapnya, kamis (9/8).

Irwan mengungkapkan, dalam rangka mendukung pencanangan kawasan itu pihaknya telah menyalurkan bibit benih ikan kerapu sebanyak 12 ribu ekor. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan keramba jaring apung (KJA) dan keramba jaring tangkap (KJT) yang saat ini telah mencapai 113 lubang pada beberapa wilayah potensi. “Kita sudah serahkan pada 12 kelompok nelayan. Seperti di Desa Lambangi, Langgapulu dan Rumba-rumba,” rincinya.

Saat ini potensi perikanan di Kolono cukup positif dan memberi dampak baik bagi perekonomian masyarakat. “Terbukti, baru-baru ini ada kelompok nelayan yang panen ikan kerapu mencapai 800 kilogram. Harga perkilo berkisar Rp 80 ribu. Kalau semua nelayan sudah berhasil, maka ekonomi masyarakat nelayan meningkat pesat,” jelasnya.

Irwan berharap, dengan kegiatan pelatihan tersebut bisa menambah wawasan para nelayan bagaimana bisa memanfaatkan potensi air laut dengan baik. “Supaya kelautan kita tetap lestari dan pendapatan masyarakat meningkat. Apalagi Kolono sudah ditetapkan sebagai kawasan perikanan di Kabupaten Konsel,” tandasnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top