Pariwara
Bombana

Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Bombana Adakan Ambulans Laut

dr. Sunandar

KENDARIPOS.CO.ID — Peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bombana menjadi prioritas pemerintah kabupaten (Pemkab), khususnya bagi yang bermukim di wilayah kepulauan. Untuk mendukung pelayanan kesehatan tersebut, pada tahun 2019 mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mengadakan dua unit sarana Puskesmas Keliling (Puskel) melalui armada ambulans laut di Pulau Kabaena.

Kepala Dinkes Bombana, dr. Sunandar, mengungkapkan, tahun depan pihaknya akan membeli dua speed boat untuk dijadikan ambulans laut senilai Rp 400 juta. “Itu akan sangat membantu masyarakat kepulauan khususnya Kabaena. Spesifikasi mesinnya nanti berkecepatan tinggi, sehingga dapat melayani masyarakat dengan cepat. Khususnya saat mengantar pasien dari kepulauan menuju RSUD Bombana,” papar Sunandar, kamis (9/8).

Ambulans laut itu akan siaga di Kecamatan Kabaena yang akan mengakses Baliara Kepulauan, Pulau Sagori dan beberapa wilayah lain. Sebelumnya, Dinkes Bombana mendapat bantuan armada kapal kayu dari salah seorang pegawai Puskesmas di Kabaena dan cukup membantu dalam memberikan pelayanan.

Mantan Direktur RSUD Bombana itu juga menjelaskan, Dinkes telah memiliki dua Puskel laut yang telah dioperasikan di Kabaena Barat, Kabaena Timur dan Pulau Masaloka. “Harapan kami dengan adanya penambahan Puskel laut dari Bupati Bombana, H. Tafdil ini, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan. Bupati berjanji, pengadaan Puskel Laut ini adalah prioritas di 2019 nanti,” tandasnya. (c/kmr)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top