Pariwara
Buton

Tiap Desa di Buton Maksimal Lima Balon Kades

La Madi

KENDARIPOS.CO.ID — 55 desa di Kabupaten Buton akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Saat ini, sebagian telah melakukan penetapan daftar calon dan nomor urut. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton, La Madi, mengatakan, sesuai peraturan daerah (Perda), setiap desa hanya boleh memiliki paling banyak lima bakal calon (Balon) Kades saat helatan serentak tanggal 21 September 2018 mendatang. Diketahui, pada beberapa desa memiliki Balon Kades lebih dari batas yang ditetapkan.

“Dengan adanya Perda tersebut, maka panitia Pilkades serentak harus bekerja keras menyeleksi agar Balon Kades bisa lima saja tiap desa,” ujarnya, kamis (9/8). La Madi menjelaskan, untuk desa yang Balon Kadesnya lebih dari lima akan dikurangi dengan cara diberi tes tambahan. Dari 100 persen hasil penilaian, 55 persennya merupakan tes tambahan. Sisanya 45 persen diambil dari penilaian tingkat pendidikan, usia dan pengalaman kerja.

“Jadi hasilnya kita akan rangking mulai dari yang tertinggi sampai terendah,” paparnya. La Madi merinci, ada tiga item skoring yang telah dilakukan, salah satunya Balon Kades memiliki pengalaman kerja pad bidang pemerintahan akan mendapat poin lima, sedangkan yang tidak, hanya diberi angka tiga. Sekarang pihaknya tengah memersiapkan tes tambahan yang akan digelar di Kecamatan Pasarwajo, mulai hari ini hingga 19 Agustus 2018. “Semoga besok (hari ini) berjalan lancar sesuai tahapan yang telah kita rencanakan,” harapnya. (c/mel)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top