Pariwara
Edukasi

Peduli Korban Gempa Lombok, UHO Kirim Tim Medis

Agus Setiawan/Kendari Pos
Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc (kelima kiri) saat melepas Tim Medis UHO yang membawa misi kemanusiaan ke Lombok, Kamis (9/8).

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya concern pada masalah pendidikan dan riset, Universitas Halu Oleo (UHO) pun peduli pada masalah sosial yang terjadi di Sultra, bahkan hingga luar Bumi Anoa. Itu dibuktikan dengan keterlibatan UHO dalam membantu korban bencana gempa di Lombok. Kamis (9/80), Rektor UHO, Prof. Dr Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., memberangkatkan lima dokter Fakultas Kedokteran ke Lombok. Keberangkatan mereka sepenuhnya untuk misi kemanusiaan, yakni membantu para korban gempa yang saat ini membutuhkan bantuan medis.

Tim medis ini terdiri dari dua dokter umum, tiga dokter ortopedi (ahli tulang) dan satu dokter anastesi (ahli bius). Tim ini akan melaksanakan tugas kemanusiaan selama empat hari, terhitung tanggal 9 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2018 mendatang. Kordinator Tim Medis UHO, dr. Ashaeryanto, M.MedEd., mengatakan, fokus dari tim kedokteran UHO adalah membantu korban bencana gempa di Lombok terutama yang mengalami patah tulang.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari Tim Medis Universitas Hasanuddin (Unhas), umumnya korban benacan gempa Lombok mengalami patah tulang. Sekira 300 orang menderita patah tulang dan baru 60 orang yang mendapatkan penanganan medis. Makanya, kami dari tim dokter UHO terdorong untuk melaksanaksankan aksi kemanusiaan ini,” terangnya, Kamis (9/8).

Dia juga berterima kasih atas dukungan sivitas akademik UHO yang mendukung aksi kemanusiaan ini. “Semua terlaksana berkat inisiatif dan support dari Rektor UHO, Prof. Zamrun. Ini merupakan amanah dan bentuk pengabdian kami kepada UHO dan kepedulian kami terhadap sesama,” kata Ashaeryanto.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof. Zamrun, menuturkan bahwa pihaknya mendukung penuh aksi kemanusiaan tersebut, juga sebagai bentuk kontribusi UHO kepada masyarakat. “Ke depan, saya akan bentuk tim siaga bencana, sehingga jika terjadi bencana seperti saat ini yang terjadi Lombok, kita bisa langsung action tanpa menunggu laporan bantuan,” pungkasnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top