Pariwara
Metro Kendari

Paskibra Kota Kendari Rutin Berlatih, Fisik dan Mental Terus Digembleng

Calon Paskibra Kota Kendari saat latihan fisik. Nampak juga Kapolsek Mandonga, AKP Kasman (kanan) yang ikut berlari sore di halaman Kantor Walikota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan calon pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kota Kendari terus digembleng. Fisik dan mental mereka ditempa dengan latihan berdurasi berjam-jam sebelum tampil pada upacara HUT ke-73 RI, 17 Agustus nanti.

“Masih proses latihan fisik. Aktifitas ini sudah lama dilakukan sejak 1 Agustus. Dan sebelumnya kita juga melaksanakan pra latihan fisik,” ujar Serma Imam Kusnandir, pelatih Paskibra Kota Kendari dihalaman Kantor Wali Kota Kendari, Kamis (9/8).

Menurut Serma Imam, Paskibra Kota Kendari terbagi dalam tiga kelompok yaitu, Pasukan 8, Pasukan 17 dan Pasukan 45. Semua akan berlatih membentuk formasi. Mereka menjalani latihan semi militer dan akan mulai masuk asrama, Jumat (10/8). Lalu ada juga empat personel TNI dan Polri. Masing-masing satu orang dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan satu anggota Polri. “Yang dari militer juga sudah bergabung. Kalau pasukan 45 itu merupakan purna paskibra sebelumnya. Kita harap semua bisa maksimal hingga hari pelaksanaan,” ujar Serma Imam Kusnandir.

Pria yang bertugas di Kodim 1417 Kendari ini menjelaskan dalam proses penggemblengan fisik dan mental dilakukan setiap hari, mulai pukul 14.00 sampai 17.00 wita. Latihan fisiknya mulai lari, push up, jalan jongkok dan latihan lain.

Serma Imam menambahkan, untuk latihan mental sangat penting agar peserta pakibra tidak gugup dan selalu percaya diri. “Mereka semua menjalan tugas mulia. Kita menggenjot porsi latihan dan berlakukan semi militer demi keberhasilan mengibarkan bendera merah putih,” imbuhnya.

Sementara itu Kapolsek Mandonga, AKP Kasman, yang pernah menjadi anggota Paskibraka mengatakan, Paskibraka adalah petugas khusus yang dipilih sebagai pengawal dan pembawa bendera merah putih. Baik di tingkat kota, provinsi, bahkan nasional. “Anggota Paskibraka harus tangguh, memiliki jiwa nasionalis dan kesatria yang tinggi,” ujar Kapolsek.

Untuk menjadi anggota Paskibra, lanjut AKP Kasman,  harus lulus seleksi ketat, seperti sehat jasmani dan rohani, cerdas, memiliki postur tubuh yang ideal, fisik prima, faham baris berbaris dan syaray lainnya. “Mari kita doakan bersama semoga paskibraka Kota Kendari yang sedang berlatih sukses mejalankan tugas sebagai pengibar berdera,” tutup Kapolsek. (imn)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top