Pariwara
Politik

MK juga Tolak Gugatan Sengketa Pilwali Baubau

Suasana sidang di MK terkait gugatan sengketa Pilkada. Foto : Yogi/KP

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah menggugurkan sengketa Pilgub Sultra, Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menolak gugatan perkara Pilwali Baubau yang diajukan dua pemohon yakni pasangan Roslina Rahim-Yasin dan Yusran Fahim-Ahmad.

Putusan MK sama berdasarkan pasal 158 huruf b UU 10 terkaiat ambang batas perolehan suara dari hasil pemenang Pilkada yang ditetapkan oleh KPU. Hakim Ketua MK, Anwar Usman, saat membacakan putusan PHP Kada Pilwali Kota Baubau, mengatakan sebelum melanjutkan membaca dan memeriksa permohonan serta barang bukti yang diajukan oleh pemohon, MK terlebih dahulu memeriksa terkait kedudukan MK dan kedudukan hukum dari permohonan pemohon.

“Setelah memeriksa, permohonan pemohon dengan ketetapkan KPU, MK menilai bahwa permohonan yang diajukan oleh dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau tidak memiliki kedudukan hukum,” kata Anwar Usman Jumat (10/8/2018), di ruang sidang utama, Gedung MK, Jakarta.

Lanjut Anwar, MK menilai bahwa kedudukan hukum permohonan pemohon tidak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. MK memutuskan bahwa, perkara a qua tidak memiliki kedudukan hukum dan perkara a quo tidak dapat diterima. (yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top