Pariwara
Politik

KPUD Muna Agendakan Pleno Daftar Calon Sementara DPRD

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak semua partai politik (Parpol) di Muna memanfaatkan masa perbaikan berkas untuk melengkapi dokumen bakal calon anggota legislatif (Bacaleg)-nya. Faktanya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna masih menemukan berkas Bacaleg yang tidak diperbaiki. Padahal penyelenggara telah memberikan rekomendasi untuk dilakukan perbaikan.

Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Sekretariat KPUD Muna, Sarus, mengatakan proses verifikasi berkas perbaikan Bacaleg DPRD Muna telah tuntas. Bacaleg yang memenuhi persyaratan selanjutnya akan dimasukan dalam daftar calon sementara (DCS). Tahap penyusunan DCS akan dirampungkan tanggal 12 Agustus mendatang. “Dari 430 Bacaleg yang mendaftar, beberapa diantaranya tidak menyetor dan memperbaiki berkas. Makanya, ada beberapa Bacaleg yang berkasnya tidak lengkap atau tidak memenuhi syarat (TMS),” kata Sarus saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/8).

Secara keseluruhan kata dia, ada enam Bacaleg yang dinyatakan TMS. Empat Bacaleg dari Partai Berkarya, satu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan seorang lainnya Partai Bulan Bintang (PBB) Parpol yang Bacalegnya tidak melengkapi berkas, secara otomatis dinyatakan gugur. Partai pun tidak diperbolehkan lagi melakukan penggantian. “Berarti gugur. Boleh diganti kecuali sudah ditetapkan menjadi DCS. Itu pun dengan ketentuan yang sudah diatur seperti meninggal dunia, mengundurkan diri atau tersangkut kasus hukum,” sambungnya.

KPUD Muna sendiri rencananya akan melakukan pleno penetapan DCS tanggal 11 Agustus (besok). Hanya saja, ia mengakui ada sedikit menemui hambatan saat mengakses Silon. Pengumuman DCS akan dilakukan pada 12 sampai 14 Agustus. “Setelah pengumuman, ada tahap tanggapan masyarakat yang disampaikan secara tertulis,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top