Pariwara
Kolaka Timur

Kemendagri Evaluasi Kemajuan DOB Koltim

KUSDIN/KENDARI POS
DOB : Tim dari Dirjen Otoda Kemendagri, Jonggi Tambunan (kedua dari kanan) didampingi Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah (kedua dari kiri) dalam evaluasi DOB di wilayah tersebut.

KENDARIPOS.CO.ID — Progres perkembangan Kolaka Timur (Koltim) yang menjadi otorita mandiri sejak 14 Desember 2012 lalu, kembali dievaluasi. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memantau peningkatan pembangunan daerah otonomi baru (DOB) itu sesuai undang-undang pemekaran. Tim Evaluasi Dirjen Otoda Kemendagri, Jonggi Tambunan, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi daerah baru yang mampu mengimplementasikan poin-poin dalam undang-undang DOB.

Khusus Koltim, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dianggap telah memiliki kantor representatif untuk melayani masyarakat dengan baik. “Undang-undang tentang pemekaran Koltim harus dipertanggungjawabkan dengan menyelenggarakan tata pemerintahan bersih dan transparan. Ekonomi daerah harus seimbang, bahkan maju jauh dari sebelumnya.

Hasilnya akan kami sampaikan. Mulai saat ini evaluasi akan dilaksanakan bersama-sama tim dari Kemendagri dan Pemkab Koltim. Kalau hasilnya bagus, maka tahun depan akan menjadi daerah otonom seperti kabupaten/kota lain di Indonesia. Tetapi sebaliknya, jika saat penyerahan nanti hasilnya tak sesuai harapan, maka sesuai aturan akan dikembalikan ke daerah induk. Sejak tiga tahun terakhir ini, kami amati perkembangan Koltim jauh lebih baik. Ada perubahan ekonomi dan daerah yang signifikan sejak mekar. Berarti ada kemajuan,” nilai Tambunan, kemarin.

Di tempat yang sama, Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah, mengakui, evaluasi kali ini adalah yang terakhir. Aspek penilaiannya mulai dari kemajuan ekonomi, kemandirian mengelola daerah hingga masalah pemerintahan. Setelah itu, Koltim akan ditetapkan sebagai daerah otonom. Ia yakin, pihaknya dapat melewati uji coba dari status DOB menjadi mandiri. “Saya optimis Koltim dapat ditetapkan sebagai daerah otonomi penuh. Saya harapkan para pimpinan OPD bisa maksimal, jika ada data yang dibutuhkan dalam evaluasi ini,” kata mantan Kepala Kesbangpol Pemprov Sultra itu. (c/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top