Pariwara
Kolaka Utara

DPPKB Kolut Terbaik di Sultra

Hj. Saimah

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam sistem pencatatan dan pelaporan (recording and reporting) program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga secara online, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), sudah teruji. Wilayah ini menduduki peringkat terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kolut, Hj. Saimah, mengungkapkan, penghargaan itu diserahkan Pj. Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi, bulan ini. Kali ini mereka kembali mengumpulkan 40 penyuluh KB, koordinator serta pengelola pelayanan kesehatan (Paskes) yang bertugas di semua kecamatan untuk mempelajari aplikasi baru bernama sistem informasi keluarga (Siga).

“Kami terus berupaya untuk mengakuratkan sistem pelaporan karena saat ini bukan lagi secara manual,” ujarnya, Kamis (9/8). Program di lapangan tersebut lanjut Saimah bukan hanya ditentukan oleh kinerja jajaran namun juga dari segi keakuratan pelaporan tersebut. Sebab, kebenaran data dan informasi akan menjadi potret atau gambaran wilayah secara objektif (fakta), representatif (mewakili semua kondisi) dan update (baru). “Di setiap kecamatan kami telah memiliki klinik KB,” katanya.

Pihaknya sudah membekali para penyuluh termasuk pengelola Paskes melalui pelatihan. Hal itu untuk meningkatkan pengetahuan dalam mengoperasikan Siga agar lebih terampil melakukan pengelolaan data statistik. “Saya harap rekan-rekan yang bertugas di lapangan lebih sigap dan cekatan melakukan pelaporan,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top