Pariwara
Buton Selatan

290 Nelayan Busel Disertifikatkan

La Ashari

KENDARIPOS.CO.ID — Mayoritas masyarakat Kabupaten Buton Selatan (Busel) berprofesi sebagai nelayan. Letak geografis Busel memang merupakan wilayah kepulauan. Hanya saja, keberadaan nelayan di daerah itu belum didukung sepenuhnya dengan kelengkapan administrasi melaut, berupa sertifikat. Sehingga itu menjadi problem setiap nelayan ketika hendak melaut. “Sertifikat nelayan sangat penting. Posisinya sama seperti ijazah. Itu diwajibkan bagi setiap nelayan. Karena hal itu menjadi bukti legalitas bagi seorang pelaut untuk berlayar dan mengemudi kapal di atas 5 Gros Ton (GT). Apalagi dari Batu Atas dan Siompu semua masyarakat kita adalah nelayan. Bukan hanya berlayar di laut Buton tetapi di luar daerah juga,” kata Asisten III Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Busel, La Ashari, kamis (9/8).

Makanya untuk membantu legalitas nelayan di Busel, Pemkab menjalin kerja sama dengan Balai Pendidikan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BPPIP) Barombong dan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. Keduanya adalah lembaga yang berwenang memberikan pelatihan sekaligus menerbitkan sertifikat bagi nelayan. “Ketika sudah mengantongi sertifikat, maka nelayan kita tidak akan dicegat lagi oleh otoritas keamanan laut,” sambungnya.

Diketahui, nota kesepahaman dengan BPPIP Barombong sudah dilakukan. Sementara dengan PIP Makassar akan ditandatangani dalam waktu dekat. “Pihak PIP Makassar dijadwalkan ke Busel sekaligus melakukan pelatihan nelayan dan memberikan sertifikat,” sambungnya. Total nelayan yang akan mengikuti pelatihan sebanyak 290 orang. Seluruhnya dibagi dua. 90 nelayan mengikuti pelatihan BPPIP Barombong di Makassar dan 200 nelayan akan mengikuti pelatihan dari PIP di Busel. “Nelayan kita yang mengikuti pelatihan dari BPPIP Barombong di Makassar dibagi tiga kelompok. Saat ini, kelompok pertama sebanyak 30 orang sudah berangkat dan sementara mengikuti pelatihan selama 10 hari. Setelah kelompok pertama selesai, akan dilanjutkan gelombang kedua sebanyak 30 orang lagi. Sementara untuk pelatihan dari PIP Makassar di Busel belum dilakukan. Insya Allah dalam waktu dekat ini,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top