Pariwara
Metro Kendari

Tiba di Sultra, 2 Mobil Bantuan Proteksi Hama Ditjen Tanaman Pangan Siap Beroperasi

KENDARIPOS.CO.ID — Serangan hama dan penyakit menjadi momok bagi petani. Pencegahan dan pengendalian hama tanaman itu penting dilakukan pemerintah bersama petani untuk meningkatkan produksi pertanian di Sultra. Petani dibuat semakin mudah memproteksi hama dengan hadirnya bantuan dua unit mobil Brigade Proteksi Tanaman (BPT) dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Sultra, Muhammad Nasir mengatakan mobil operasional itu sudah tiba di kantornya beberapa hari lalu. “Kita sebut itu brigade proteksi. Serangan eksklusif yang mengganggu produksi petani kita yang diproteksi,” ujarnya, Rabu (8/8/2018). Mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Sultra menambahkan, hadirnya mobil operasional laboratorium pengamatan hama penyakit dari Kementerian Pertanian merupakan pertama kali di Sultra. Selama ini belum pernah ada bantuan kendaraan serupa untuk Sultra. “Karena ini juga untuk memperlancar tugas-tugas operasional dalam memberikan pelayanan kepada petani,” jelasnya.

Lanjut dia, munculnya serangan hama penyakit tanaman memang tidak bisa diprediksi. Karena itu, petani dianjurkan untuk mengamati tanamannya secara berkala. Bila ada kelainan terhadap perkembangan tanaman agar petani segera melaporkan ke petugas. “Supaya jangan meluas serangannya. Areal persawahan yang sudah dicurigai ada hama segera ambil tindakan atau laporkan dan mobil operasional Brigade Proteksi Tanaman langsung ke lokasi,” tutup mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe itu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top