Pariwara
Wakatobi

Pemkab Wakatobi tak Beri Insentif Guru Ngaji di 25 Kelurahan

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan insentif guru mengaji pada 112 Tempat Pendidikan Alquran di Wakatobi yang tersebar di sejumlah kelurahan dan desa, rupanya tidak merata. Masih ada puluhan guru di 25 kelurahan yang hingga kini tak terima honor dari pemerintah kabupaten (Pemkab). Berbeda dengan kelurahan, guru mengaji di TPQ pada 75 desa di Wakatobi yang tersebar pada tiap pulau dipastikan menerima insentif melalui alokasi dana desa (DD) setiap bulan.

Kepala Bagian Kemasyarakatan (Kesra), Sekretariat Kabupaten (Setkab) Wakatobi, Sahibuddin, mengungkapkan, insentif guru ngaji di 25 kelurahan akan diperjuangkan pada pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2019. Persoalan ini merupakan salah satu prioritas yang harus diupayakan. “Saya menjabat di sini bulan Desember tahun 2017 lalu. Untuk pembahasan APBD saya tidak ikut lagi, baru tahun ini. Makanya, ini akan saya perjuangkan khususnya guru ngaji di 25 kelurahan,” janjinya, Rabu (8/8).

Ia menambahkan, setidaknya seluruh guru di 112 TPQ harus punya hak, khususnya honor yang sama. “Kalau honor TPQ di desa sebesar Rp 500 ribu tiap bulan, maka di kelurahan juga harus demikian. Tidak boleh ada perbedaan,” tambahnya.

Guru ngaji harus diperhatikan, mengingat sebagai salah satu ujung tombak dalam memberantas buta huruf Quran. Dalam waktu dekat ini, pihak Kesra Setkab Wakatobi juga akan melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder dan pihak Kantor Kemenag untuk memaksimalkan program penerapan peraturan daerah (Perda) nomor 14 tentang pemberantasan buta huruf Alquran. “Di Wakatobi, dari 140 TPQ, hanya 112 yang sudah diverifikasi dan mendapat sertifikat oleh Kemenag Wakatobi. Kalau yang lainnya sudah lagi beraktivitas,” pungkasnya. (c/thy)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top