Pariwara
Edukasi

Peduli Penyalahgunaan Inhalen, Dosen UHO Dampingi Anak Jalanan

Istimewa
Dosen UHO yang dipimpin Fikki Prasetya, SKM., M.Kes.,saat melakukan Pengabdian pada Masyarakat yang melibatkan anak jalanan dalam pelatihan kader konselor sebaya (Peer educator) di Kantor Kelurahan Korumba, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah dosen di Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan anak jalanan di Kecamatan Mandonga, tepatnya di Kelurahan Korumba dan Kelurahan Mandonga. Pengabdian kepada masyarakat (Pengabmas) fokus pada penyalahgunaan inhalen yang lazimnya dikenal ngelem. Kegiatan ini, merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UHO.

Ketua Tim Pengabmas UHO, Fikki Prasetya, SKM., M.Kes., menuturkan bahwa Pengabmas dilakukan dalam bentuk pendampingan terhadap Komunitas anak jalanan di Kelurahan Korumba dan Kelurahan Mandonga. Dipilihnya dua tempat tersebut karena banyak temuan perilaku anak jalanan yang terkait dengan penyalahgunaan inhalen atau ngelem .

“Kami sebagai tim pengabmas UHO mengambil inisiatif untuk membuat program penanggulangan penyalahgunaan inhalen ini,” ujarnya, Rabu (8/8). Lanjut dia, kegiatan yang dilaksanakan selama delapan bulan sejak April hingga November 2018 ini, sepenuhnya didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melalui kompetisi nasional dengan skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

“Awalnya anak jalanan ini kami survei, setelah kami dapatkan datanya. Kami beri penyuluhan tentang Napza yang juga terkait ngelem, selanjutnya dari anak jalanan ini kami ambil masing-masing 3 orang mewakili Kelurahan Korumba dan Kelurahan Mandonga. Kemudian kami berikan pelatihan Kader konselor sebaya (peer educator), dengan harapan kader ini mampu bekerja maksimal dalam menanggulangi maraknya perilaku ngelem di kalangan mereka, dan akan terus kami dampingi sampai kegiatan ini selesai,” beber Fikki.

Tak hanya tim LPPM UHO yang terlibat langsung dalam kegiatan ini, Pemerintah kelurahan Korumba dan kelurahan Mandonga juga terlibat sebagai pihak yang mengetahui kondisi dan status sosial ekonomi anak jalanan di wilayahnya. Karenanya, Ia pun berharap, melalui kegiatan Pengabmas yang dibingkai dalam bentuk kader konselor sebaya berbasis data base penyalahguna ini, dapat meningkatkan kesadaran dan perubahan perilaku komunitas anak jalanan di Kecamatan Mandonga secara simultan dan berkelanjutan.

“Kami bermitra dengan pemerintah setempat untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan ini secara berkesinambungan, dan membentuk kader dan Komunitas Sadar Napza guna menekan potensi penyalahgunaan inhalen atau ngelem dan Napza lainnya di Kota Kendari,” tutupnya. (ags/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top