Pariwara
Politik

Pastikan Data Pemilih, PPS Kolaka Timur Turun Lapangan

PERBAIKAN DPSHP : Komisioner KPUD Koltim, Asri Alam Andi Baso dan rekannya, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Adly Yusuf Saepi saat memimpin rapat pemutakhiran data pemilih.

KENDARIPOS.CO.ID — Pasca diumumkan selama tujuh hari, data pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) Pemilu 2019 langsung dibenahi. Masukan dan tanggapan masyarakat selama pengumuman selanjutnya dikaji Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka Timur (Koltim) sebelum dimasukan dalam DPSHP akhir. Saat ini, proses perbaikan DPSHP telah masuk tahap akhir. Sesuai tahapan, panitia pemungutan suara (PPS) akan menggelar pleno mulai tanggal 11 Agustus mendatang.

Komisioner KPUD Koltim, Asri Alam Andi Baso mengatakan jumlah DPSHP sebanyak 80.235 pemilih kemungkinan besar akan berubah. Penyelenggara Pemilu di tingkat desa/kelurahaan saat ini tengah menyusun data pemilih. Tanggal 11 Agustus, data yang telah disusun akan ditetapkan menjadi DPSHP akhir. “Sebelum ditetapkan, DPSHP ini akan dipleno di tiap tingkatan yang diawali PPS. Hasil pleno ini selanjutkan akan diserahkan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk kembali ditetapkan mulai tanggal 13-14 Agustus mendatang. Sebelum ditetapkan KPU, kami akan mengkaji ulang DPSHP akhir,” jelas Koordinator Divisi Data dan Program KPUD Koltim saat ditemui, Rabu (8/8).

Dalam proses pendataan, pihaknya telah menginstruksikan PPS turun di lapangan. Hal ini tak lain untuk memastikan masukan dan tanggapan masyarakat benar-benar real. “Jangan mendata diatas meja saja, harus turun lapangan dan datangi rumahnya. Sebab data yang awal untuk ditetapkan DPT dari PPS yang membuat datanya,” tandasnya. Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD Koltim, Adly Yusuf Saepi menegaskan, PPS dana PPK dalam melaksanakan pleno harus sesuai amanat undang-undang yang berlaku. Sebelum ditetapkan, ia berharap seluruh tanggapan masyarakat betul-betul diteliti dan pastikan semua warga Koltim telah terakomodir dalam DPSHP akhir. “Data pemilih Koltim bisa bertambah bahkan berkurang dari jumlah 80.235 pemilih. PPS dan PPK bekerja maksimal dan jalankan sesuai aturan. Insya Allah, data yang kita keluarkan bisa dipertanggung jawabkan,” imbuhnya. (b/kus)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top