Pariwara
Metro Kendari

Kisah Oggy Achmad Kosasih, Development and Business Director PT. Inalum yang Selalu Ingat Doa Orang Tua

Oggy Achmad Kosasih, Development and Business Director PT. Inalum, saat membawakan materi dihadapan 23 peserta SMN asal Sultra di Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Posisi terpenting di PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dijabat oleh Oggy Achmad Kosasih. Dia menjabat Development and Business Director. Pria hebat ini ternyata pernah tercatat sebagai warga Desa Ambaipua, Konawe Selatan (Konsel) tahun 1970-an. Ketika itu, ia ikut sang ayah yang bertugas di Lanud Wolter Monginsidi (sekarang, Lanud Haluoleo, Red) Kendari.

“Jangan lupa doa orang tua”. Petikan kalimat itu membuat Oggy Achmad Kosasih, Development and Business Director Inalum terdiam sejenak. Terlihat dia menarik nafasnya cukup dalam. “Kalau ingat orang tua, saya tak bisa berkata-kata lagi,” ujar Oggy saat memperkenalkan diri pada pembekalan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sultra, di Hotel Zahrah Kendari, Rabu (8/8/2018).

Suasana ruangan menjadi senyap. Isak pecah. Terdengar suara sayup dibalik sebuah pengeras suara. Sedih. Oggy Achmad Kosasih rupanya teringat sang orang tua. “Saya tidak akan seperti ini tanpa bimbingan orang tua,” ungkap Oggy-sapaan-Oggy Achmad Kosasih. Tampak mendalam kenangan yang terngiang di ingatannya. Ia pun langsung mengulang pesannya itu sebagai penutup sambutannya. “Pokoknya selalu minta doa orang tua,” singkatnya lagi sambil menyerahkan mic ke panitia dan menyapu wajahnya dari bulir air mata yang menetes.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 benar-benar menjadi momentum istimewa bagi siswa dan siswi Sultra yang mengikuti kegiatan itu. Dalam pembekalan sebelum bertolak menuju Jawa Barat (Jabar), para siswa berkesempatan untuk bertemu dengan banyak petinggi BUMN. Salah satunya Direktur Pengembangan dan Bisnis PT. Inalum, Oggy Achmad Kosasih. Menariknya lagi, orang nomor satu di salah satu sektor pengembangan bisnis BUMN terbesar di Indonesia itu adalah pria asal Sultra. Pria yang juga menjabat sebagai direktur pelaksana Inalum itu ternyata pernah menghabiskan masa kecilnya di Ambepua, Konawe Selatan.

Foto bersama saat pemberian atribut kepada peserta SMN asal Sultra.

“Saya belajar di Ambepua empat tahun, sekitar tahun 70-an. Saat itu listrik menyala hanya pukul 05.00 wita dan mati pukul 21.00 wita. Jadi belajarnya tidak maksimal,” kenangnya. Di Ambepua, Oggy mengaku aktif di organisasi ekstrakurikuler yaitu Praja Muda Karana (Pramuka). Melalui pramuka, ia belajar banyak sehingga menjadi modal bersosialisasi di masyarakat. “Alhamdulilah, saya bisa belajar karakter dengan aktif di pramuka, dan sampai sekarang masih terasa dampak positifnya. Saya belajar kebersamaan dan tolong menolong di sana,” ceritanya di depan para siswa.

Kepada peserta SMN, Oggy berbagi tips dan strategi agar mudah mencapai cita-cita dan sukses dalam setiap usaha. Kata dia, tidak merasa minder dengan keunggulan orang lain, salah satu kunci kepercayaan diri yang harus dimiliki. “Jangan merasa minder atau rendah diri, karena kita ini sama. Apapun yang ada dalam diri kita, itulah yang maksimalkan agar kita bisa, percayalah sama diri kita,” pesannya.

Kemudian lanjut dia, jangan dilupakan kalau hal terpenting dalam perjalanan hidup adalah doa orang tua. “Sejak kecil saya tidak pernah menyangka akan seperti ini. Tapi doa orang tua yang tidak pernah putus, akhirnya mengantarkan saya menjadi seperti sekarang,” sambungnya sambil meneteskan airmata.

Masih kata dia, anak negeri memang harus punya semangat tinggi untuk membangun daerah dan bangsa. Optimisme itulah yang ingin disematkan BUMN di dalam jiwa-jiwa generasi bangsa. Sebab yang bertanggung jawab atau kemajuan dan keberlangsung negeri ini adalah generasinya, yang saat ini ada ditumpuan para pelajar. “Inalum itu dulunya adalah milik Jepang. Dengan perjuangan keras akhirnya diakuisisi pemerintah dan menjadi BUMN,” imbuhnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top