Pariwara
Metro Kendari

Maksimalkan Kebersihan Kota, Pemkot Kendari Siapkan Anggaran Rp 15 Miliar

Plt Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah kota (Pemkot) Kendari menggelontorkan anggaran sebesar Rp 15 miliar tiap tahun untuk mengurus penataan dan kebersihan kota. Langkah ini dilakukan, bukan hanya menjaga supaya Kota Lulo tetap bisa mempertahankan “gengsi” delapan kali meraih piala Adipura, tapi juga mendukung kesehatan masyarakat.

Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, anggaran sebesar Rp 15 miliar untuk mengurus kebersihan sebenarnya masih terlalu kecil. Sebab, cost untuk urusan ini sangat besar sekali. Misalnya, memelihara armada, belum lagi biaya operasiona, tenaga kebersihan dan lainnya. “Saat ini, kondisi mobil pengangkut sampah sebagian sudah perlu diremajakan. Dari 37 armada, hanya 29 yang benar-benar bisa difungsikan dengan baik. Sisanya rusak,” kata Sulkarnain, Rabu (8/8/2018).

Dirinya ingin tahun depan, anggaran untuk kebersihan bisa ditingkatkan lagi. Ini penting supaya cakupan layanannya juga bisa semakin luas. “Persoalan kebersihan kota menjadi perhatian serius,” ujarnya. Upaya memaksimalkan penataan kebersihan kota bukan tanpa alasan. Sebab, pasangan Adriatma Dwi Putra membidik lagi piala adipura tahun ini. “Kami target selama lima tahun memimpin bisa mendapatkan piala adipura terus menerus. Makanya, tahun ini kita tingkatkan anggaran penanganan kebersihan,” terangnya.

Sejauh ini, Pemkot Kendari sudah sembilan kali berturut-turut mendapat piala adipura. Sulkarnain ingin tren positif tersebut terus berlanjut. Untuk itu, bukan hanya anggaran yang ditambah, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) serta masyarakat diminta ikut proaktif. “Kalau semua sudah punya komitmen sama, menjaga kebersihan, maka meraih piala adipura bukan hal sulit,” optimisnya. (b/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top