Pariwara
Kolaka

Lahan Bersertifikat di Kolaka Belum 50 Persen

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
SERTIFIKAT : Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei saat memimpin rapat kerja teknis para camat, lurah dan desa, rabu (8/8). Ia menekankan agar pemerintahan di tingkat bawah memerhatikan legalitas kepemilikan lahan warga.

KENDARIPOS.CO.ID — Seluruh kepala desa (Kades) di Kolaka diminta mengerjakan tata administrasi dengan baik. Pasalnya, hal tersebut juga berdampak pada program pemerintah di daerah. Salah satunya, penerbitan sertifikat lahan. “Di Kabupaten Kolaka ini ada sekitar 135 ribu kaplingan. Dari jumlah tersebut, baru mencapai 60 ribu yang bersertifikat. Berarti belum sampai 50 persen. Ini karena pemerintah desa yang tidak melaporkannya ke kami,” kata Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei ketika memimpin rapat kerja teknis para camat, lurah dan desa di Ruang Sasana Praja, Rabu (8/8).

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala BPMD Kolaka tersebut mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyelesaikan persoalan sertifikat lahan di Bumi Mekongga. Sayangnya, program tersebut terkesan tidak dimanfaatkan oleh pemerintah desa. “Pemerintah desa tak maksimal melaporkan jumlah lahan yang belum bersertifikat di daerahnya. Sehingga terkadang kami berikan jatah lebih sedikt dibanding dengan desa lainnya yang lebih membutuhkan,” sorot Safei.

Kolaka-1 itu menegaskan, pemerintah desa harus optimal dalam mengurus administrasi. Sebab hal itu merupakan kewajiban. “Salah satu tugas dan fungsi Kades adalah penyelenggara pemerintahan yang diantaranya menuntaskan masalah pertanahan. Kalau ada kaplingan di desanya yang belum bersertifikat, segera laporkan ke Bagian Pemerintahan untuk selanjutnya kami programkan,” tandas Ahmad Safei. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top