Pariwara
Metro Kendari

Jelang Iduladha, Distanak Sultra Cek Penampungan Hewan

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Kebutuhan daging sapi menyambut Idul Adha dipastikan meningkat dibanding hari-hari biasa. Banderol hewan ternak untuk kurban melonjak.

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra akan melakukan pengecekan ke beberapa tempat penampungan hewan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang bakal di kurbankan tidak dalam kondisi sakit. Rencana, pengecekan dilakukan H-7 hari raya Idul Adha 1439 Hijriah. Informasi tersebut disampaikan Kepala Distanak Sultra, Muhammad Nasir. Dia menegaskan, tempat pemotongan hewan akan disterilkan. Jangan ada hewan kurban yang terjual dalam kondisi sakit. “Hewan kurban harus sehat. Sebab, kalau memiliki penyakit, misalnya antrax, itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia yang mengkonsumsinya,” ungkap Muh Nasir, Rabu (8/8/2018).

Menurut Nasir, pihaknya akan bekerja sama dengan tenaga medis yang ada di kabupaten/kota untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban. “Kami akan melakukan pemeriksaan secara langsung, mendatangi tempat-tempat penampungan hewan ternak, seperti di Konda, Sampara, dan di Kota Kendari,” jelasnya.

Dia menuturkan, walaupun belum ditemukan sapi yang terserang penyakit antrax, namun pihaknya tetap lakukan antisipasi dengan pemeriksaan secara visual pada hewan ternak. Sebab, potensi penyakit antrax sangat rentan pada hewan. Termasuk penyakit lainnya, seperti burcellosis. “Pengecekan juga diperlukan, mengantisipasi jangan sampai hewan terjangkit penyakit cacing. Sebab, saat ini musim pancaroba,” imbuhnya. Sebagai catatan, lebaran haji Idul Adha tahun 2018 jatuh pada 22 Agustus. (b/ade)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top