Pariwara
Politik

Banyak Bakal Calon Legislatif Kota Kendari Tak Memenuhi Syarat

PENGEMBALIAN BERKAS : Koordinator Divisi Teknis dan Parmas KPU Kota Kendari, Asril menyerahkan berita acara penerimaan berkas hasil Bacaleg pada pengurus Partai Demokrat di kantor Sekretariat KPU Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang bertarung memperebutkan 35 kursi DPRD Kota Kendari kembali berkurang. Dari hasil penelitian dokumen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari menemukan berkas Bacaleg yang belum lengkap. Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh memastikan jumlah Bacaleg akan berkurang. Hanya saja, ia belum bisa memastikan jumlah. Pasalnya, KPU tengah menyusun daftar calon sementara (DCS). Setelah rampung, baru akan ketahuan.

“Hasilnya baru akan sampaikan ke partai politik (Parpol) tanggal 11 Agustus nanti,” beber pria yang akrab disapa Alex ini saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/8). Berdasarkan hasil verifikasi, masih banyak Bacaleg tidak melengkapi dokumennya. Misalnya, ada Bacaleg yang hanya menyetor ijazah namun belum dilegalisir. Sementara untuk memenuhi syarat, ijazahnya wajib dilegalisir. Selain itu, KPU masih menemukan Bacaleg yang tidak melakukan perbaikan berkas. Padahal dalam penyerahan berkas, KPU telah merekomendasikan untuk diperbaiki.

“Salah satu kasus yakni Bacaleg Partai Berkarya. Ada satu daerah pemilihan (Dapil) yang sama sekali tidak melakukan perbaikan. Alhasil, KPU menyatakan TMS. Hal itu juga sudah diketahui pengurus Parpol saat menyerahkan berkas perbaikan,” ujarnya. Saat ini, pihaknya sementara melakukan penyusunan DCS. Kami juga melakukan konsultasi terkait Bacaleg yang pindah Parpol. Bila merujuk pada PKPU, mereka sudah harus melampirkan surat keputusan (SK) pengunduran diri dari parpol sebelumnya saat DCS disusun,” kata mantan wartawan ini.

Sesuai ketentuan, tiga Bacaleg yang pindah Parpol harus melampirkan surat pengunduran dari Parpol. Tapi yang membingungkan, bagaimana jika Parpol enggan mengeluarkan SK-nya lantaran pindah Parpol. “Untuk surat pernyataan mundur sudah diterima. Namun surat tanda terima pernyataan mundur yang belum ada,” pungkasnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top