Space Iklan
Pariwara
HEADLINE NEWS

23 Peserta SMN Berangkat ke Jabar, Jeffri Iskandar : Tunjukan Sultra Itu Hebat !

Peserta SMN saat berada di Bandara Haluoleo bersiap menuju Jawa Barat.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 23 peserta program Sekolah Mengenal Nusantara (SMN) asal Sultra berangkat menuju Jawa Barat. Mereka punya misi penting saat berada di Bandung. Tak hanya memahami keragaman budaya daerah masyarakat setempat, tapi juga memperkenalkan budaya Sultra kepada mereka. Salah satunya, melalui tarian tradisional khas Bumi Anoa. Sesuai agenda, peserta SMN terbang ke Jabar, hari ini Kamis (9/8/2018). Di sana, mereka akan disambut oleh Pemprov Jabar. Saat proses penyambutan, peserta asal Sultra akan menampilkan tarian tradisional. Pelatih Tarian Tradisional, Sartika Dewi menuturkan, ada tiga tarian tradisional yang akan dibawa peserta. Ketiga tarian itu yakni Tari Mondotambe, Tari Molulo dan Tari Umoara.

“Kita sudah bagi, yang tarian Mondotambe diikuti 5 peserta perempuan, dua peserta laki-laki untuk Tari Umoara dan semua peserta akan terlibat dalam Tarian Molulo,” kata Sartika Dewi. Tak hanya itu, peserta juga sudah dibekali dengan filosofi tarian tradisional itu sehingga lebih all out saat pertunjukan nantinya. “Mereka sudah tahu tarian-tarian ini, karena sudah cukup terkenal di Sultra. Kami berharap mereka bisa menjadi yang terbaik dan memberi kesan baik disana. Saya optimis, budaya Sultra akan mengganung di Jabar,” yakinnya.

Selain tarian tradisional, SMN asal Sultra juga akan menampilkan pembacaan puisi dari salah satu siswa SMA Negeri 1 Kendari, Muhammad Syukur Hidayat. “Dia juga akan membawakan satu lagu tradisional yang akan mengiringi tarian lulo rekan-rekannya,” jelasnya. Lahirnya 23 siswa sebagai perwakilan Sultra dalam ajang SMN sudah melewati tahapan seleksi yang ketat. Mereka merupakan siswa terbaik karena terpilih dari ribuan siswa yang berminat untuk bergabung dalam event yang dicetuskan BUMN tersebut. Olehnya, mereka diminta berperan aktif dalam berbagai kegiatan SMN di Jawa Barat nantinya. “Tunjukan Sultra itu hebat!,” pesan Jeffri Iskandar, Kordinator SMN 2018 Inalum-Antam dihadapan 23 siswa dan para pendamping. “Kalian adalah hasil seleksi, terpilih dari ribuan siswa dari 17 kabupaten/kota. Jadi, ayo tunjukan kalau Sultra itu hebat,” tegasnya, kemarin.

Apa yang dimiliki Sultra, lanjut dia, jauh lebih baik dari apa yang dimiliki Jawa Barat. Makanya, semua siswa harus berkomitmen untuk mengharumkan nama daerah di sana. “Sikapnya harus bersahabat jangan kaku, karena ke sana untuk belajar,” sambungnya. Selain siswa sebagai peserta, SMN juga melibatkan guru berprestasi, guru pendamping untuk sekolah khusus dan perwakilan diknas. “Kami ingin maksimal dalam kegiatan ini. Sehingga benar-benar memberikan ruang terbaik bagi siswa dan guru untuk mengesplor nusantara,” terangnya.

Dirinya juga sangat berharap, budaya Sultra bisa menggaung di Jabar. “Sekali lagi, tunjukkan bahwa budaya Sultra luar biasa,” ingatnya. Pada kesempatan yang sama, Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi mengatakan, memontum SMN harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan Sultra ke masyarakat Jabar. “Sultra ini luas. Anda semua adalah perwakilan dari beberapa daerah di Sultra, punya bahasa sendiri, punya budaya sendiri, punya pariwisata sendiri, itu yang dibawa ke Jawa Barat. Jangan hanya Anda-anda yang belajar apa yang dipunyai Jabar. Berikan juga mereka pengetahuan tentang Sultra itu seperti apa,” pesannya. (b/ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top