Pariwara
Politik

PKS Diprediksi Tetap Dukung Prabowo

Prabowo

KENDARIPOS.CO.ID — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi tetap akan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden, meski Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu tidak berpasangan dengan Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri di Pilpres 2019.

Pengamat politik Adi Prayitno mengutarakan pandangannya, menyikapi perkembangan politik yang mengemuka dalam beberapa waktu terakhir. “PKS semangatnya ganti presiden 2019, bukan yang lain. Jadi, saya yakin PKS akan tetap mendukung Prabowo, sekalipun ‘dikhianati’ Gerindra,” ujar Adi kepada JPNN, Selasa (7/8).

Saat ditanya, apakah ada kemungkinan PKS malah berbalik mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019, pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta ini menilai, peluangnya sangat kecil. “Lha, kan PKS sudah terlanjur kampanye ingin ganti presiden. Tentu bakal menjadi blunder politik jika menarik kembali apa yang sekian lama mereka kampanye-kan,” ucapnya.

Alasan lain, cara berpolitik PKS, kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini, juga masih terkesan hitam putih dan belum se-cair partai lain. Karena itu, sulit membayangkan partai berlambang bulan sabit kembar dan padi itu mengubah haluan politiknya.

“Kalau mau berpikir taktis dan rasional, memang baiknya PKS mendukung Jokowi. Karena kemungkinan menangnya besar. Tapi cara berpolitik PKS sepertinya masih hitam putih,” ujar Adi.

Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) baru akan memutuskan calon usungan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 9 Agustus 2018. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan DPW-DPW nanti akan merumuskan satu rekomendasi terbaik untuk DPP mengambil keputusan.

“Kalau Rakernas kan harus umumkan pasangan ya. Jadi kalau Rakernas besok harus jelas dong siapa yang diputuskan capres dan cawapresnya,” ungkap Zulkifli di gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/8).

Dia mengatakan dalam Rakernas nanti sudah jelas dan terang tokoh yang akan diputuskan sebagai capres-cawapres termasuk arah koalisi. “Jadi tidak main-main ya,” tegasnya.

Zulkifli mengatakan, yang paling penting bagi partai adalah bagaimana suara kursi di parlemen mengalami kenaikan. Itu paling penting. Jadi pilihan pertama bagi kami itu bagaimana partai suaranya di DPR naik, baru kedua (soal) pilpres,” ungkapnya. (boy/gir/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top