Space Iklan
Pariwara
Metro Kendari

Peserta SMN Kumpul di Kendari, Diberi Pembekalan, Kamis Besok Terbang ke Jabar

Development and Business Director PT Inalum, Oggy Achmad Kosasih, saat membawakan materi dihadapan peserta Siswa Mengenal Nusantara.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 23 peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Sultra mengikuti pembekalan dari PT. Inalum, Rabu (8/8/2018). Development and Business Director PT Inalum, Oggy Achmad Kosasih, mengatakan kegiatan SMN ini diharapkan bisa menumbuhkan kembangkan rasa kebanggaan generasi muda sebagai penerus bangsa yang cinta, dan bertanah air Indonesia. Karena nantinya merekalah yang akan memimpin dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, ada empat wawasan yang dikenalkan kepada siswa melalui program ini yaitu wawasan sosial budaya, entrepreneurship, pendidikan dan BUMN. “Dengan adanya program SMN ini diharapkan mampu mengenalkan wawasan nusantara kepada para siswa sejak dini,” katanya.

Sementara itu, Junior Manager PT. Inalum (Persero), Tri Tirta Bayu Paksi mengatakan, adanya program pembekalan ini dimaksudkan agar siswa dapat mempersiapkan diri lebih matang sebelum berangkat ke Jawa Barat (Jabar), 9 Agustus mendatang. “Kami akan bekali mereka dengan pengetahuan dan juga gambaran mengenai keadaan Jabar saat ini. Sehingga, ketika sampai di sana, mereka tidak kaget,” kata Try.

Program SMN ini, lanjut dia, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir untuk Negeri yang dilaksanakan Agustus atau menjelang hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Program ini diperuntukan bagi siswa yang berprestasi, namun lemah dari sisi ekonomi. Serta diperuntukan juga bagi siswa penyandang disabilitas (cacat atau sakit). “Semua siswa yang ada di Indonesia, khususnya di Sultra memiliki hak yang sama untuk mengikuti program ini,” ungkapnya. Lanjut dia, tahun ini, PT. Inalum (Persero) bersama PT.Antam (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menyelenggarakan program ini. Dan daerah yang dipilih adalah Sultra dan Jabar.

“Ini sudah tahun ketiga PT.Inalum (Persero) menyelenggarakan program SMN. Pada tahun pertama, pelaksanaannya di Sumatera Utara dengan Bangka Belitung. Di tahun kedua pelaksanaannya di Aceh dengan Nusa Tenggara Barat dan tahun ini dilaksanakan di Sulawesi Tenggara dengan Jawa Barat,” jelasnya.

Try berharap, dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa mengenai keberagaman Indonesia, budaya dan kearifan lokal. Sementara itu, Engki Agus Saputra, salah satu peserta Program SMN yang berasal Konawe Selatan, sangat antusias mengikuti program ini. Menurutnya, ini kesempatan emas untuk menambah wawasan dan pengetahuan. “Insya Allah saya akan memperkenalkan budaya Sultra di Jabar, utamanya budaya seperti lagu daerah Konawe Selatan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Selasa (7/8), seluruh peserta SNM Sultra sudah berada di Kota Kendari. Sesuai agenda panitia, Rabu (8/8)  dilanjutkan acara pembekalan. Materinya tentang kegiatan SMN secara umum. Tak hanya itu, ada juga pelatihan tentang kesenian daerah untuk ditampilkan di Jabar serta pengenalan dunia jurnalistik. Masih banyak rangkaian kegiatan lainnya. (b/ags)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top