Space Iklan
Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Pendapatan Rp 25 Juta perbulan, Bisnis Bunga di Kendari Sangat Menjanjikan

Alimudin, salah satu pedagang bunga di Pasar Bunga Kendari bersama sejumlah koleksi bunganya, pekan lalu. Foto: Agus Setiawan/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak banyak yang tahu kalau bisnis bunga ternyata merupakan salah satu usaha yang paling menguntukan, terutama di daerah yang sedang berkembang seperti Kota Kendari. Hal ini diungkapkan, Alimudin seorang pedagang tanaman hias di Pasar Bunga Kendari.

Bermodalkan lapak kecil lagi sederhana, Alimudin mampu meraup keuntungan kurang lebih Rp 25 juta per bulannya. “Alhamdulillah, dengan menjual bunga, saya sudah bisa memenuhi kebutuhan keluarga saya,” ungkapnya, pekan lalu.

Keberhasilanya dalam berdagang bunga di Kendari tak luput dari antusias dan permintaan masyarakat yang cukup tinggi. “Selain di Kota Kendari, kami juga banyak menerima permintaan bunga hias dari Buton, Konsel dan Muna. Respon masyarakat sangat tinggi terhadap koleksi bunga yang menjadi koleksi, apalagi penjualnya terbatas,” terangnya.

Pensiunan PNS ini, mengaku, setiap harinya paling sedikit 4 sampai 5 orang datang membeli bunga di lapaknya. “Rata-rata yang datang kesini beli bunga Anthurium, mulai dari ukuran yang kecil sampai ukuran besar dengan harga bervariasi. Mulai Rp 100 an ribu hingga Rp 500 an ribu, tergantung jenis dan ukurannya. Kami juga punya koleksi Aglonema dengan berbagai jenis dengan harga yang bervariasi, minimal Rp 100 ribu dan paling mahal hingga Rp 500 an ribu,” bebernya.

Selain itu, keadaan Iklim yang mendukung serta tanah yang subur, juga menjadi faktor keberhasilannya dalam berdagang bunga. “Cuaca di Kendari sangat cocok dengan bunga yang saya jual seperti pucuk merah, cemara, melati mini, bougenvile (kembang kertas) dan antorium. Ditambah lagi tanahnya yang subur, jadi biaya beli pupuk lebih terpangkas,” ujar Ali.

Menurutnya, berdagang bunga tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya mengeluarkan biaya bibit dan pupuk. “Bunga itukan tumbuh berkembang, semakin besar bunga itu, maka semakin mahal pula harganya,” tuturnya.

Melihat bisnis bunga yang begitu potensial dan menjanjikan, Ali mangajak masyarakat di Sultra khususnya yang berada di Kota Kendari untuk berwirausaha bunga. “Bisnis ini sangat menguntungkan, hanya butuh ketekunan dan kesabaran saja,” tuutpnya. (ags/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top