Pariwara
Politik

KPUD Kolaka Temukan Bacaleg Tersandung Kasus Korupsi

Nur Ali

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah dilarang, masih ada saja partai politik (Parpol) yang mengajukan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang pernah tersandung kasus korupsi. Berdasarkan hasil penelitian dokumen, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kolaka masih menemukan Bacaleg yang pernah terlihat kasus korupsi.

“Kami menemukan seorang Bacaleg yang pernah terlibat kasus korupsi. Namun yang bersangkutan telah mengajukan kasasi di Mahkamah Agung (MA) dan dinyatakan menang. Makanya, berkasnya kami nyatakan memenuhi syarat,” beber Nur Ali, Ketua KPUD Kolaka saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/8).

Hanya saja, hingga kini pihaknya belum melihat surat keterangan yang menyatakan nama baik Bacaleg tersebut telah dipulihkan. Makanya, KPU masih terus melakukan penelusuran. Kendati demikian, ia tidak bisa memberi jaminan seluruh Bacaleg dinyatakan lolos. Pasalnya, tahapan verifikasi berkas akan berlangsung hingga pukul 24.00 Wita (tadi malam).

“Batas verifikasi berkas dan penelitian dokumen hasil perbaikan akan ditutup jam 12 malam nanti. Jadi kemungkinan, semuanya masih berubah. Namun sampai detik ini, kami belum melihat berkas Bacaleg yang tidak memenuhi syarat,” ujar Nur Ali.

Sesuai tahapan, KPUD Kolaka akan menyampaikan hasil verifikasi berkas hari ini. Bacaleg yang memenuhi syarat akan ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS). “Sebelum verifikasi DCS, terlebih dahulu dilakukan verifikasi syarat pencalonan. Pada pengembalian berkas lalu, kami mencoret seorang Bacaleg karena tidak memenuhi syarat yaitu pernah terlibat dalam kasus korupsi,” pungkasnya. (c/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top