Pariwara
Politik

Jumlah Bacaleg DPRD Kota Kendari Terus Menyusut

PENYERAHAN BERKAS BACALEG : Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh (dua dari kiri) saat menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg Partai Demokrat beberapa hari lalu. FOTO:MARWAN ABIDIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Meski kompetisi belum dimulai, satu persatu bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Kendari mulai berguguran. Dari 508 Bacaleg yang mendaftar, hanya 473 diantaranya yang berhak maju ke tahap perbaikan berkas. Sebanyak 35 Bacaleg harus terhenti karena belum memenuhi syarat maupun tidak sempat mengembalikan berkas perbaikan sesuai jadwal.

Pada tahapan penelitian dokumen, jumlah Bacaleg diperkirakan akan kembali menyusut. Dari hasil penelitian dokumen, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari masih menemukan berkas Bacaleg yang tidak lengkap. Sementara untuk bisa dimasukan dalam daftar calon sementara (DCS), semua berkas persyaratan harus terpenuhi.

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh mengatakan tidak semua Parpol bisa menempatkan wakilnya full di tiap daerah pemilihan (Dapil). Pasalnya, ada beberapa berkas Bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS). Jumlah Bacaleg akan kembali menyusut bila ada yang dinyatakan TMS.

“Awalnya, ada 508 Bacaleg. Setelah melalui tahap perbaikan, kini tinggal 473 Bacaleg. Berdasarkan hasil verifikasi, ada sejumlah Bacaleg yang berkasnya belum lengkap. Makanya, sangat berpotensi dinyatakan TMS. Ini artinya, jumlah Bacaleg akan berkurang,” kata pria yang akrab disapa Alex ini, Selasa (7/8).

Namun berapa jumlah yang berkurang lanjutnya, belum bisa dipastikan. Demikian halnya dengan Parpol mana yang jumlah Bacalegnya berkurang. Pasalnya, penyelenggara baru akan melakukan rapat pleno penetapan usai verifikasi berkas tuntas (tadi malam). “Rencananya, malam nanti akan diplenokan,” ujarnya.

Melihat tahapan pencalonan, KPU akan menyusun dan menetapkan DCS mulai tanggal 8-12 Agustus 2018. Setelah itu, DCS akan diumumkan. Pada tahapan ini, masyarakat bisa memberi tanggapan dan masukan menyangkut track record para calon.

“Masyarakat mulai memberi masukkan dan tanggapan mulai tanggal 12-21 Agustus. Setiap calon akan diberikan kesempatan melakukan klarifikasi. Bila tanggapan tersebut bisa menyebabkan Bacaleg tersebut tidak lagi memenuhi syarat, maka namanya akan dicoret dalam daftar pemilih tetap (DPT),” tutupnya, (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top