Pariwara
Bombana

DLHK Bombana Programkan Sampah Emas

Sitti Sapiah

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mengendalikan volume sampah di Kabupaten Bombana, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) setempat membuat inovasi dengan program “Sampah Emas”. Penerapannya akan dimulai pada 10 kelurahan sebagai percontohan dan nantinya akan diterapkan di seluruh wilayah Bombana. Kepala DLHK Pemkab Bombana Sitti Sapiah, menjelaskan, inovasi tersebut adalah akronim dari sampah ekonomis, mandiri dan sehat (Emas).

DLHK mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan sampah menjadi emas yang kemudian berdampak positif terhadap kehidupan masyarakat. ” Pertumbuhan penduduk di Bombana terus meningkat. Volume sampah juga pasti akan bertambah. Makanya, dengan Sampah Emas ini kami ajak masyarakat untuk bisa mengelola secara mandiri dan mempunyai nilai ekonomis,” paparnya, Selasa (7/8). Dalam program Sampah Emas, DLHK akan membangun bank sampah pada 10 kelurahan di dua kecamatan, yakni Rumbia dan Rumbia Tengah.

Bank sampah nanti akan menjadi media masyarakat untuk menukar limbahnya menjadi uang. Setiap warga yang menggunakan bank sampah akan diberikan buku rekening untuk menabung hasil sampah yang mereka tukarkan.

Mantan Staf Ahli Bupati Bombana itu juga menjelaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan kalangan swasta yang nanti menampung seluruh sampah. “Program ini sudah lama kami persiapkan, dan sekarang tinggal memberi edukasi. Kepada masyarakat, tidak semua sampah itu kotor. Tetapi ada juga sampah emas yang bisa bermanfaat,” tandas Sitti Sapiah. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top