Pariwara
Kolaka Timur

Dinsos Koltim Verifikasi Ulang 43 Ribu KIS

Syakrifin

KENDARIPOS.CO.ID — Penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kolaka Timur (Koltim) tahun ini mencapai 43 ribu. Itu sesuai data yang diinput pada sistem informasi kesejahteraan sosial-Next Generation (SIKS-NG) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diverifikasi pihak Dinas Sosial Kabupaten Koltim. Data KIS nantinya akan diserahkan pada Dinas Kesehatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Kepala Dinsos Koltim, Syakrifin, membenarkan, saat ini peserta aktif KIS di daerahnya berjumlah 43 ribu. Jika sesuai instruksi dari pemerintah pusat harus dilakukan verifikasi dan validasi data ulang peserta aktif KIS, maka pihaknya segera menindaklanjutinya. “Akan dilakukan 12 pendamping sosial kecamatan yang tersebar di wilayah masing-masing. Pendamping keluarga harapan (PKH) ada 43 orang. Nah, mereka ini akan mendatangi kembali peserta aktif untuk mendata ulang dan datanya disetorkan ke Dinsos. Nanti kami juga akan menginput ke sistem,” jelas mantan Kepala Satpol PP Koltim, selasa (7/8).

Syakrifin menambahkan, data yang diinput staf Dinsos akan menjadi dasar untuk penerbitan surat keputusan untuk mendapatkan kuota tahun berikutnya. Jika ada warga yang meninggal dunia atau pindah, maka harus diganti peserta lainnya. “Kemensos yang keluarkan data peserta KIS, Dinsos yang verifikasi dan validasi data awal dari masyarakat. Kalau ada penggantian nanti akan kita sampaikan melalui camat, kepala desa dan pendamping sosial. Kita juga akan bantu karena ini instruksi Bupati Koltim,” tandasnya. (c/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top