Pariwara
Politik

Data Pemilih Baubau Masih Bisa Berubah

Ilutrasi Daftar Pemilih

KENDARIPOS.CO.ID — Pemutakhiran data pemilih telah masuk pada tahap penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) akhir. Dari proses pendataan, jumlah wajib pilih Kota Baubau terus mengalami perubahan. Bila aalam Daftar pemilih sementara (DPS) lalu hanya sebanyak 105.806 pemilih, naik menjadi 106.196 pemilih dalam DPSHP Pemilu 2019. Jumlah data pemilih diprediksi masih akan terus berubah. Pasalnya, masukan dan tanggapan masyarakat masih akan disandingkan dengan DPSHP.

“Dari hasil pleno DPSHP yang kita lakukan pada 22 Juli kemarin, angka DPS kita mengalami peningkatan,” beber kata Muhamad Mu’min Fahimudin, Koordinator Devisi Perencanaan, Program, Data, Organisasi dan SDM Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Baubau saat ditemui Selasa (7/8).

Bila merujuk data DPS, maka ada penambahan sebanyak 390 pemilih. Namun jumlah ini masih akan berubah lantaran KPU masih akan melakukan perbaikan data pemilih. Peningkatan jumlah pemilih disebabkan tambahan pemilih pemula. Tolak ukur DPS Pemilu mengacu dari daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada serentak lalu sebesar 103.471 pemilih ditambah pemilih tambahan sebanyak 2.335 pemilih. “DPS yang kita tetapkan merujuk dari DPT Pilkada 2018,” sambungnya.

Saat ini, panitia pemungutan suara (PPS) tengah memperbaiki data pemilih. Semua tanggapan dan masukan masyarakat selama DPSHP diumumkan kembali akan dikaji sebelum diakomodir dalam data pemilih. Setelah selesai, hasil perbaikan DPSHP ini akan disusun kemudian ditetapkan. Setelah ditetapkan, data pemilih ini kembali akan dipleno panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Tanggal 13 dan 14 Agustus ini akan di tetapkan di tingkat kecamatan. Hasil pleno PPK itu selanjutnya diserahkan ke KPU ditetapkan. Namun sebelumnya, KPU tetap melakukan verifikasi. Data pemilih ini selanjutnya diserahkan ke KPU Sultra untuk ditetapkan menjadi DPSHP akhir untuk disusun menjadi DPT Pemilu mendatang,” jelas Muhamad Mu’min Fahimudin. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top