Space Iklan
Pariwara
Politik

Aleg Pindah Parpol, SK Pemberhentian Masih Menunggu Persetujuan Gubernur

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga anggota legislatif (Aleg) DPRD Kota Kendari siap-siap meletakan jabatannya. Keputusannya memilih pindah partai politik (Parpol) pada pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) 2019 harus berujung pergantian antar waktu (PAW). Surat pengunduran dirinya tinggal menunggu persetujuan Gubernur Sultra.

Sekretaris DPRD Kota Kendari, Asni Bonea mengatakan tiga Aleg telah yang mengajukan surat pengunduran diri. Ketiga Aleg tersebut yaitu, Rusiawati Abunawas (PPP), Gunartin (PKB) dan Hamida Sudu (Partai Hanura). Surat pengunduran diri mereka telah diserahkan tanggal 21 Juli lalu.

“Suratnya telah kami terima. Saat ini, berkasnya telah diserahkan ke gubernur. Jadi kita tunggu prosesnya. Sebab SK pemberhentian cukup persetujuan gubernur. Sebelum ada SK pemberhentian, Aleg tersebut tetap berkantor,” kata Asni Bonea saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/8).

Ia memastikan ketiga Aleg ini akan diganti. Apalagi Parpol telah mengajukan nama calon PAW-nya. Dalam waktu dekat, DPRD akan bersurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari untuk memverifikasi nama calon penggantinya. “Nama yang diajukan akan kita klarifikasi ke KPU. Apakah nama tersebut telah sesuai dengan perolehan suara Pemilu lalu,” jelasnya.

Bila merujuk pada surat keputusan (SK) Mendagri tertanggal 3 Agusuts 2018, bahwa anggota DPRD itu berhenti keanggotaannya sebagai anggota DPRD sejak ditetapkannya sebagai daftar calon tetap (DCT). Diperkirakannya, DCT ditetapkan pada September 2018 mendatang. “Jadi, SK gubernur yang keluar duluan baru dilakukan pelantikan (3 orang PAW itu),” ujarnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top