Pariwara
Kolaka Utara

605 Sprayer Disiapkan Berantas Hama Kakao di Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mengefektifkan upaya pengendalian hama pada sejumlah lahan pertanian dan perkebunan warga, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menyiapkan 605 tangki penyemprot (sprayer). Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut juga telah menyediakan satu unit exavator, khusus untuk menggarap di lahan kakao petani.

Kabid Perkebunan dan Pertanian Dinas Pertanian dan Hortikultura Kolut, Muhammad Shadik, menjelaskan, pengadaan 605 tangki tersebut melalui proses lelang dengan anggaran mencapai Rp 362 juta dari APBD 2018. “Ada 121 kelompok tani, masing-masing dapat lima unit sprayer,” ujarnya, kemarin. Sementara pengadaan satu unit exavator dari tiga yang direncanakan, juga telah dilakukan. Shadik menjelaskan, sebagian lahan kakao petani tidak memiliki saluran pembuangan. Akibatnya, tanaman berusia pendek, karena terkontaminasi jamur dan daun menguning. Exavator tersebut diperlukan untuk membuat saluran baru menuju ke tempat pembuangan.

 

Banyak sungai-sungai kecil buntu. Agar tanaman bisa produktif, maka medianya harus baik,” tutur Shadik. Bantuan peralatan pertanian bagi kelompok warga tersebut harus dimanfaatkan dengan baik, tanpa ada monopoli dari satu individu. “Tidak semua permintaan bisa kami penuhi. Namun yang ada, jangan dikuasai oleh orang tertentu saja. Banyak kami dengar sebelum-sebelumnya hingga kami sempat ditegur juga,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top