Space Iklan
Pariwara
Buton Utara

Sail Wonderful dan Festival Barata di Butur Dipersiapkan

Harlin Hari

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Utara (Butur) terus mematangkan persiapan pelaksanaan Sail Wonderful dan Festival Barata yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 17-19 Agustus mendatang. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin, Harlin Hari itu memastikan persiapan event yang akan dihadiri wisatawan mancanegara tersebut telah mencapai 80 persen.

“Sisanya, tinggal hal-hal teknis. Kegiatan ini masuk dalam kalender nasional,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur, Harlin Hari saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/8). Harlin menambahkan, jeleng pelaksanaan Sail Wonderful dan Festival Barata, destinasi wisata dan sanggar budaya di Lipu Tinadeakono Sara yang menjadi tempat-tempat potensial dikunjungi wisatawan mancanegara seperti Mamalanda, Keraton, dan Mowuru, terus dibenahi.

“Untuk Sail Wonderful, kapal-kapal pesiar dari berbagai negara akan berlabuh di Banu-Banua Jaya kurang lebih 30 sampai 40 armada,” terangnya. Mantan Kepala Kantor Perpustakaan Buton Utara itu memaparkan, khusus Festivial Barata rangkaian kegiatannya berupa gelaran seni dan budaya. Puncaknya, ada sunatan massal (Kabengka). “Kemudian ada acara kesenian, olahraga tradisional, seminar budaya dan poato atau diarak 40 kabengka (anak yang disunat),” bebernya.

Selain itu, ada haroa massal atau baca-baca yang turut dihadir perwakilan Kementerian Pariwisata. Kemudian, pada acara poato, ada parade melibatkan empat Sara Barata Kesultanan Buton. “Barata Kulisusu, Tiworo, Muna dan Kaledupa,” tandasnya. (c/had)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top