Pariwara
Ekonomi & Bisnis

PLN Gencar Sasar Segmen Industri dan Bisnis

KENDARIPOS.CO.ID — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berusaha meningkatkan konsumsi listrik nasional dengan cara menyasar segmen industri dan bisnis. Pasalnya, konsumsi listrik hanya 112,46 tWh pada semester pertama tahun ini Capaian itu cuma 47,05 persen dari total target konsumsi listrik tahun ini yang sebesar 239 tWh.

Kepala Divisi Niaga PT PLN Yuddy Setyo mengatakan, pertumbuhan konsumsi listrik yang cukup tinggi berasal dari segmen industri dan bisnis.
”Industri hanya tumbuh 5,75 persen dan bisnis tumbuh 5,81 persen,” kata Yuddy di Hotel Gran Mahakam, pekan lalu.

Sementara itu, konsumsi listrik segmen rumah tangga hanya tumbuh 3,01 persen. Nah, agar konsumsi listrik meningkat, PLN baru saja bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) untuk memasok listrik ke lima kilang perusahaan migas pelat merah tersebut.

Total kebutuhannya 217 megavolt ampere (MVA) dan selanjutnya bertambah 104 MVA. Lima kilang itu adalah Refinery Unit (RU) II Dumai, RU III Plaju-Sungai Gerong, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, dan RU VI Balongan. Pasokan listrik ke kilang-kilang itu juga membuat Pertamina hemat Rp 2,79 triliun per tahun.

Kerja sama tersebut akan memberikan manfaat tambahan bagi kilang Pertamina. Yakni, kebutuhan fuel oil akan menurun. Sebab, fuel yang semula digunakan untuk menghasilkan listrik bisa diubah menjadi produk yang bernilai jual seperti solar.

Dengan demikian, perseroan akan berfokus pada urusan operasional dan pemeliharaan kilang serta fleksibilitas pengaturan O/H steam boiler, juga dapat menurunkan energy intensity index (EII). (jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top