Pariwara
Buton Tengah

Piutang PBB di Buteng Masih Rp 200 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Data yang ada pada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Buton Tengah (Buteng) menyebutkan, piutang pajak bumi dan bangunan (PBB) di daerah itu mencapai Rp 200 juta. Hanya saja, piutang tersebut sudah terhitung “warisan” yang ditinggalkan sebelumnya oleh pihak kantor Pajak Pratama. Pihaknya akan melakukan validasi terhadap objek dan subjek pajak.

Kepala Bapenda Buteng, Lukman, mengatakan, pihaknya akan melakukan validasi untuk memastikan alasan mendasar terjadinya piutang. Pasalnya, bisa saja piutang Rp 200 juta itu, ada objek maupun subjek fiktif. “Untuk memastikan semua ini, kami mesti turun langsung ke lapangan melakukan validasi piutang PBB ini. Saya akan meminta tim anggaran untuk memporsikan dana pelaksanaan validasi. Mengingat piutang yang ditinggalkan oleh kantor Pajak Pratama cukup besar,” ungkapnya, kemarin.

Lukman mengungkapkan, jika alasan munculnya piutang sudah ditemukan, maka pihaknya bisa mengambil kebijakan lebih lanjut. Subjek dan objek pajak yang tak jelas makan dihapus. Namun kalau kepemilikan masih ada, maka pihaknya akan melakukan langkah tegas agar tunggakan segera dilunasi. “Hanya saja, untuk menghapus objek dan subjek pajak yang tidak jelas ini, prosesnya mesti melalui validasi. Setelah itu, ditetapkan dalam bentuk peraturan bupati (Perbup) sebagai dasar penghapusan. Kalau tak ada regulasi pendukung, maka yang kita lakukan akan ditolak oleh sistem,” jelasnya.

Rencananya baru pada tahun 2019 mendatang, Bapenda Buteng melakukan validasi terhadap piutang PBB. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan untuk validasi tak sedikit karena harus ada pemasangan stiker sebagai label telah dilakukan validasi. “Kami menargetkan memulai tagihan tanpa piutang, agar kinerja Bapenda bisa lebih terukur,” optimisnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top