Pariwara
Kolom

Penanganan Macet: Sistim Ganjil Genap, Efektifkah? Oleh: Prof. Hanna

Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Kebijakan pemerintah DKI Jakarta dalam memberlakukan sistim ganji genap diharapkan dapat menyelesaikan masalah kemacetan. Namun, sejauh ini masih menimbulkan pro dan kontra. Bagi warga Jakarta, kemacetan bukanlah masalah baru. Persoalan ini sudah menjadi “menu harian” ketika ingin bepergian. Salah satu penyebab macet adalah tiap tahun bertambah kendaraan, namun tidak diimbangi dengan perluasan jalan raya.

Pembangunan jalan dan tata kota, belum bisa mengimbangi pertumbuhan ekonomi, industri dan naiknya jumlah masyarakat kelas menengah. Pada akhirnya menambah jumlah mobil. Penyebab kedua, sebagai ibu kota negara, lalu lintas Jakarta memang memiliki frekuensi kesibukan di seluruh Indonsia.

Namun gubernur DKI Jakarta saat ini memiliki terobosan dan inovasi dengan memberlakukan sistim ganjil genap. Harapannya, masalah kemacetan Jakarta dapat teratasi, namun kenyataannya jusru menimbulkan masalah baru. Pertanyaanya adalah apakah dengan banyaknya mobil akan menambah kemacetan? Jawaban pertanyaan ini tentu kita sependapat bahwa macet bukan karena banyaknya mobil, tetapi diakibatkan oleh sistim penataan kota yang kurang baik.

Dari kondisi itulah muncul masalah baru dalam sistim transportasi kita. Masalah tersebut adalah permainan sopir dengan petugas, pemalsuan plat kendaraan, pelanggaran sistim perpajakan, serta potensi pengadaan armada umum. Permainan antara sopir dan penegak hukum sangat potensi terjadi dalam sistim ini. Kedua, bagi mereka yang hanya memiliki satu mobil tentu akan berusaha melakukan tindakan dengan cara menggantinya dengan plat paslu.

1 of 2

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top