Pariwara
Bau-bau

Pemkot Baubau Target Vaskin MR 49.353 Jiwa

AKHIRMAN/KENDARI POS
VAKSINASI : Imunisasi MR yang dilakukan pihak Dinkes Kota Baubau pada sejumlah anak SD dan SM di Stadion Betoambari, senin (6/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Jika pada beberapa daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menangguhkan pemberian imunisasi measles rubella (MR) sambil menunggu kejelasan status halal dari Badan POM RI dan MUI, maka di Kota Baubau tidak demikian. Pemberian vaskin untuk mencegah penyakit berbahaya itu telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) pada sejumlah anak. Semua itu dilakukan secara massal dan terbuka di lapangan sepak bola, Betoambari.

“Yang terpenting dari kegiatan ini adalah memberitahukan pada masyarakat akan bahaya penyakit campak dan MR. Karena MR adalah penyakit baru yang diidentifikasi dari luar. Jangan sampai berdampak luar biasa dalam masyarakat. Makanya, masyarakat harus dan perlu diberi tahu,” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau, Hado Hasina usai menghadiri pencanangan kampanye imunisasi MR tingkat Kota Baubau, Senin (6/8).

Pelaksanaan imunisasi MR itu, menurut Kadis Perhubungan Sultra itu, wajib dilakukan sebagai pencegahan. Sehingga masyarakat dapat terhindar dan mengetahui akan bahaya penyakit tersebut. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Edy Natsir, mengungkapkan pemberian imunisasi MR dilakukan semata-mata untuk pencegahan. Sebab, jika tidak dilakukan, masyarakat dapat tertular virus penyakit mematikan tersebut. “Penelitian dan pemeriksaan bahan (halal atau tidak) itu membutuhkan waktu. Tetapi beberapa ulama dan para ahli juga mengatakan, Insyaallah obatnya aman untuk kesehatan dan aman dari bahan yang dianggap haram itu,” terangnya.

Makanya, Dinkes Baubau akan terus melakukan vaskin MR tersebut ke seluruh warga kota Baubau khususnya anak-anak di bawah 15 tahun dan usia sembilan bulan. “Setelah ini, kita akan kunjungi seluruh sekolah yang ada di Baubau mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP. Yang tidak terakomodir, bisa lewat Posyandu, Polindes, Poskesdes dan Puskesmas. Itu semua akan kita lakukan selama dua bulan hingga akhir September. Insya Allah kita bisa vaksin 49.353 jiwa sesuai data yang ada,” tandas Edy Natsir. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top