Pariwara
Nasional

Pada Ajang KPN di Jawa Timur, Pembina Pramuka Harus Promosikan Budaya

Ilustrasi Pramuka

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 13 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Kendari akan mengikuti Karang Pamitran Nasional (KPN) di Lebakharjo, Malang Provinsi Jawa Timur mulai 13 hingga 19 Agustus nanti. KPN tersebut merupakan kegiatan pertemuan besar pembina pramuka se-Indonesia. Kontingen KPN akan bertolak ke Jawa Timur pada 12 Agustus mendatang.

Plt. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir meminta kontingen KPN harus mampu mempromosikan potensi dan budaya lokal Kendari dan Sultra pada umumnya di event bertaraf nasional tersebut. Pasangan Wali Kota Adriatma Dwi Putra itu juga meminta agar kontingen dapat menjaga nama baik daerah.

“Jadikan momentum ini sebagai kesempatan untuk mengenalkan budaya yang ada di Kota Kendari. Jangan merasa malu atau berkecil hati untuk perkenalkan budaya kita. Banggalah terhadap budaya yang kita miliki sebagai ciri khas daerah,” ujar Sulkarnain Kadir saat melepas secara resmi kontingen KPN, akhir pekan lalu.

Ketua DPD PKS Kota Kendari itu yakin KPN akan mengokohkan gerakan Pramuka sebagai wadah untuk mendorong upaya pertumbuhan dan perkembangan nilai patriotisme yang didasari oleh kesadaran dan semangat kemanusiaan yang luhur dan bersifat universal. “Kalau pulang nanti, pengetahuan ataupun pengalaman yang diperoleh di sana bisa menjadi acuan membina gugus depan pramuka Kwarcab kita,” harap Sulkarnain Kadir sembari mengingatkan agar kekompakan tim tetap terjaga.

Sekretaris Kwarcab Kota Kendari, Abdi Prawira mengatakan kontingen KPN Kota Kendari berstatus pembina dan pelatih mulai dari tingkat siaga, penggalang dan penegak. “Utusan yang dikirim ke Pramuka KPN adalah mereka yang mahir siaga, penggalang, dan penegak. Ini menjadi momentum untuk memperkenalkan budaya kita di sana,” tuturnya. (p1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top