Pariwara
Politik

KPU Sultra Temukan Bacaleg Pindah Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Rekomendasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra terhadap perbaikan berkas tidak semuanya ditindaklanjuti partai politik (Parpol). Dari hasil penelitian dokumen, tim verifikator masih menemukan berkas yang tidak lengkap. Padahal KPU telah meminta untuk dilakukan perbaikan.

“Seharusnya, berkas yang masuk sudah tidak ada masalah. Sebab saat penyerahan berkas ke Parpol, kami sudah memberi catatan untuk dilengkapi. Namun pada kenyataannya, masih ada Bacaleg yang tidak melengkapi berkasnya,” beber Syamsu Agusdar, Kasubag Teknis dan Hukmas KPU Sultra saat ditemui, Senin (6/8).

Bukan hanya itu sambungnya, tim verifikator juga menemukan Bacaleg yang pindah Parpol. Pada saat pendaftaran, yang bersangkutan terdaftar di Parpol A. Namun saat pengembalian berkas pindah ke Parpol B sebagai Bacaleg pengganti.

“Jika merujuk pada regulasi, hal itu tidak diperbolehkan. Namun seperti apa putusannya, nantinya komisioner yang melakukan pleno rekapitulasi,” cetusnya.

Untuk Bacaleg yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) kata dia, telah mengajukan surat pengunduran diri. Bila melihat datanya, sebagian besar mereka akan segera memasuki batas usia pensiun.

“Mereka (Bacaleg ASN) akan bersaing di Dapil IV dan VI. Kalau surat pengunduran dirinya sudah diserahkan pada saat perbaikan berkas. Namun apakah memenuhi syarat atau tidak, baru akan dirampungkan esok (hari ini),” ujarnya.

Dalam proses verifikasi, pihaknya juga mengidentifikasi anggota legislatif (Aleg) yang pindah Parpol. Hanya saja, ia tidak mengetahui pasti jumlahnya. Namun jumlahnya akan ketahuan pada saat pleno. Saat ini, sebanyak 618 berkas Bacaleg yang tengah diverifikasi.

“Kami selalu bekerja maksimal dan teliti. Mulai pukul 08.00 Wita hingga malam hari. Bahkan terkadang hingga pukul 24.00 Wita,” pungkasnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top