Pariwara
Konawe Selatan

Kapolres Konsel Peduli Anak Pesisir

KAMALUDDIN/KENDARI POS
POLISI PEDULI : Penyaluran bantuan mini bus bagi anak pesisir Laonti yang dilakukan Kapolres Konsel, AKBP Hamka Mappaita.

KENDARIPOS.CO.ID — Satu terobosan baru dilakukan Kapolres Konawe Selatan (Konsel), AKBP Hamka Mappaita. Setelah melakukan renovasi rumah kumuh jadi layak huni di wilayah hukumnya, mantan Kasatlantas Polrestabes Makassar itu kembali memerlihatkan kepedulian besarnya. Terbaru, ia memberikan bantuan satu unit mobil bus bagi anak sekolah di pesisir Kecamatan Laonti. Hamka juga sekaligus membangun rumah singgah di kecamatan tersebut sebagai tempat peristirahatan bagi pelajar SMP dan SMA dari berbagai desa yang hendak bersekolah di ibu kota kecamatan.

Atas dedikasinya itu, AKBP Hamka Mappaita mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PAI) sebagai Duta Polisi Peduli Anak. Penghargaan tersebut diberikan langsung Ketua Komnas PAI, Arist Merdeka Sirait di Aula Polres Konsel, Senin (6/8). “Saya tak menyangka akan mendapat penghargaan dari Komnas PAI. Saya tidak pernah bertemu dan berkomunikasi kepada siapapun terkait upaya pemberian bantuan bus anak sekolah itu. Saya tiba-tiba dapat telepon dari staf Komnas PAI jika pimpinannya akan berkunjung di Mapolres Konsel. Ternyata mereka telah melihat apa yang saya perbuat melalui Medsos yang diviralkan anggota dan masyarakat,” haru Kapolres.

Ia mengakui, pemberian bantuan mini bus dan pendirian rumah singgah bagi pelajar di Laonti itu karena peduli akan pendidikan anak di Konsel. “Kami hanya buka jalan, tidak menutup kemungkinan ada bantuan mobil bus kedua dari berbagai pihak. Saya tidak mau ada anak putus sekolah hanya karena faktor sarana transportasi dan infrastruktur. Awal tergerak hati saya karena melihat anak-anak sekolah ini harus berjalan kaki menuju sekolah. Di Laonti, SMP dan SMA hanya ada di kecamatan. Kemudian yang SD, harus berjalan kaki tujuh kilometer sampai sekolah. Itulah sebabnya saya berikan sedikit solusi dengan menyediakan mini bus,” kisahnya.

Sementara rumah singgah yang dibangun saat ini kondisinya sudah 90 persen dan hampir rampung. “Semua ini kita bangun dari hibah dan sukarela anggota Polri khususnya Konsel yang kita kumpul-kumpul. Setidaknya kita bukan hanya urusan penegakan hukum, tapi juga peduli terhadap pendidikan anak sebagai generasi penerus bangsa,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komnas PAI, Arist Merdeka Sirait, menjelaskan, menjelang hari anak Nasional pihaknya melakukan perjalanan pada beberapa daerah dengan melihat langsung kondisi anak-anak. “Ternyata, saya dapat info bahwa di Polres Konsel ada kegiatan pemberian bantuan mini bus terhadap anak pesisir, saya langsung terdorong berkunjung di Konsel dan memberikan penghargaan sebagai Duta Polisi Peduli Anak pada Kapolres,” ungkapnya dalam acara yang disaksikan langsung Wakil Bupati Konsel, H. Arsalim Arifin serta Kepala Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan Konsel, Yuliana.

Ia mengakui tak pernah mengenal sosok Hamka Mappaita. Namun setelah bertemu langsung dan melihat inovasi dan kepeduliannya terhadap anak, Kapolres tersebut pantas diberi apresiasi. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top