Pariwara
Politik

Jumlah Bacaleg Diprediksi Kembali Berkurang

KENDARIPOS.CO.ID — Tahap verifikasi berkas bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) akan dirampungkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe hari ini (7/8). Dokumen Bacaleg yang memenuhi syarat (MS) selanjutnya akan ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS).

Komisioner KPUD Konawe, Armanto mengungkapkan verifikasi perbaikan Bacaleg yang dimulai tanggal 1 Agustus lalu akan berakhir hari ini. Adapun item yang diteliti yakni dokumen yang belum dilengkapi pada masa verifikasi pertama dan syarat calon lainnya yang masih perlu diklarifikasi. Hasil verifikasi inilah yang menjadi rujukan KPU menyusun DCS.

“Iya, tanggal 8 sampai 12 Agustus sudah masuk tahapan penyusunan dan penetapan DCS. Bila merujuk pada hasil verifikasi, kemungkinan ada beberapa Bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS). Jadi sangat memungkinkan jumlah Bacalegnya akan berkurang saat penetapan DCS,” beber Koordinator Divisi Teknis KPU Konawe ini saat ditemui, Senin (6/8).

Sesuai aturan, Bacaleg yang dinyatakan TMS akan digugurkan dan dihapus dari pencalonan. Sebaliknya, Bacaleg yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan diumumkan. Selama masa pengumuman, masyarakat bisa memberikan tanggapan.

“Perbaikan berkas dan penggantian daftar calon di DCS boleh dilakukan. Terlebih bila ada tanggapan masyarakat yang masuk. Setelah dilakukan klarifikasi dan ternyata terbukti ada pelanggaran, maka partai politik (Parpol) dapat menggantinya,” tandas Armanto. (b/hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top