Space Iklan
Pariwara
Politik

Esok, Fit and Profer Test Digelar, Bawaslu Pastikan Tidak Ada Calon Titipan

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten/kota se-Sultra harus segera mempersiapkan diri. Jika tak ada kendala, peserta yang lolos enam besar akan mengikuti fit and profer test yang dimulai tanggal 8 Agustus (esok).
Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu mengatakan telah menerima instruksi dari Bawasli RI untuk segera melakukan fit and profer test. Tidak hanya menetapkan jadwal, Bawaslu RI juga memberi kewenangan pada lembaga pengawasan di tingkat provinsi melakukan uji kelayakan dan kepatutan.

“Tahapan uji kelayakan dan kepatutan akan dilaksanakan selama tiga hari. Selain enam peserta yang lolos tes kesehatan dan wawancara, tahapan ini juga diikuti calon incumbent. Sesuai jadwal, pelaksanaannya dimulai tanggal 8 s.d 10 Agustus,” kata Hamiruddin Udu, Senin (6/8)

Untuk mengefektifkan kegiatan kata dosen nonaktif Universitas Halu Oleo (UHO) ini, pelaksanaan fit and profer test dipusatkan di Kendari. Metode uji kelayakan dan kepatutan tidak hanya sekedar tanya jawab, namun akan dikemas dalam bentuk group discussion. Dengan begitu, Bawaslu bisa melihat dinamika calon dalam memahami tugasnya selama diskusi berlangsung” “Di Kendari akan kita gelar. Jadi, nanti ada isu-isu yang akan dibahas secara spesifik. Setiap sesi akan ada enam peserta setiap daerah,” ujar komisioner incumben ini.

Menghadapi Pemilu 2019, Bawaslu membutuhkan pengawas yang memiliki wawasan yang mumpuni. Tidak hanya itu, mereka juga mampu bekerja profesional dan memiliki integritas. Untuk itulah, ia memastikan menjamin pelaksanaan fit and profer test benar-benar objektif.

“Saya pastikan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan tidak ada tekanan atau pun titipan. Mereka yang lolos memang miliki kompetensi,” jaminnya. (c/wan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top