Space Iklan
Pariwara
Edukasi

DPK Kendari: Kualitas Layanan Pendidikan Harus Maksimal

A
gus Setiawan/ Kendari Pos
Ketua dewan Pendidikan Kota Kendari Alamsyah Lotunani (kiri) memimpin rapat kerja DPK Kendari di SMPN 9 Kendari, senin (6/8)

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurus Dewan Pendidikan Kota (DPK) Kendari periode 2018-2022 segera memaksimalkan kinerjanya. Satu persatu program kerja berbasis peningkatan kualitas pendidikan digodok dalam mendorong mutu pendidikan di Kota Kendari. DPK Kendari berkomitmen akan mengambil peran penting dalam percepatan pembangunan sektor pendidikan.

Ketua DPK Kendari, Dr Alamsyah Lotunani mengungkapkan, kepengurusan dewan pendidikan kali ini harus berbeda dengan periode-periode sebelumnya. DPK Kendari harus proaktif dalam memacu kualitas pendidikan. Dengan menjalankan fungsinya sebagai advisory agency atau memberikan pertimbangan kepada pemerintah daerah dan kepada kepala sekolah, banyak hal yang bisa dilakukan. Termasuk fungsi supporting agency, controlling agency dan mediating agency.

“Kualitas layanan pendidikan di Kota Kendari harus maksimal. Makanya, kami harus menyusun program kerja yang berbasis pada peningkatan mutu pendidikan. Kita harus mampu memberdayakan seluruh komite sekolah dengan para stakeholder dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan ini,” ungkap Alamsyah Lotunanti, senin (6/8), saat memimpin rapat penyusunan program kerja di SMPN 9 Kendari.

Pada pertemuan tersebut, seluruh pengurus DPK Kendari hadir. Mereka mengusulkan berbagai persoalan dunia pendidikan yang terjadi di Kota Kendari mulai persoalan pemerataan guru, hingga masalah-masalah pendidikan lainnya. Beranjak dari persoalan tersebut, DPK Kendari mencoba meramu strategi dalam menuntaskannya agar pendidikan semakin maju.

“Ada dua kegiatan mendesak yang akan kami laksanakan yakni peningkatan budaya literasi terhadap peserta didik dan Kendari Gemar Membaca. Agenda ini akan kita laksanakan bersama Harian Kendari Pos. Selain itu, pertemuan komite sekolah bersama kepala sekolah harus dilaksanakan dalam mengembangkan sinergisitas mereka,” jelas mantan Sekot Kendari itu.

Tentunya, kata dia, konsolidasi antara dewan pendidikan dengan komite sekolah harus segera terjalin. Dewan Pendidikan Kota Kendari juga tak sekadar berpangku tangan, namun akan melakukan monitoring melalui kunjungan ke sekolah-sekolah. “Ternyata banyak persoalan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini. Berangkat dari persoalan tersebut, dewan pendidikan akan merancang strategi dalam membantu menuntaskannya. Makanya, kami akan bekerja optimal agar kualitas pendidikan di Kota Kendari lebih baik lagi di masa mendatang,” katanya. (aka)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top