Pariwara
Buton Utara

Dinkes Butur Tunda Imunisasi MR

dr. Kasrul

KENDARIPOS.CO.ID — Pro kontra belum adanya label halal pada vaksin measles rubella (MR), sampai ke Buton Utara (Butur). Pihak Dinas Kesehatan setempat akhirnya mengambil langkah untuk menghentikan sementara proses vaksinisasi bagi anak-anak pada sejumlah satuan pendidikan. Pelaksanaan kegiatan vaksin MR akan kembali dilakukan setelah ada perintah dari Kementerian Kesehatan, terkait kejelasan halal dan haramnya.

“Penentu kebijakan dari Kementerian Kesehatan meminta ditunda dulu. Apapun keputusannya, untuk Butur kita tunda dulu sambil menunggu kepastian halal dan haramnya. Jadi persoalan tahap pertama di daerah Jawa, tidak dipersoalkan tahun 2017 lalu. Nanti di luar Jawa baru muncul permasalahan persoalan halal dan haram,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Butur, dr. Kasrul saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/8).

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Butur itu menambahkan, proses vaksinisasi rubella telah dilakukan pada beberapa sekolah dasar dan taman kanak-kanak. “Di Butur baru pencanangan. Pelaksanaan pemberian vaksin rubella sudah dilakukan. Bahkan anak saya yang pertama diimunisasi,” terangnya. Terlepas soal fatwa MUI, Kasrul menekankan soal pentingnya vaksin untuk mencegah penyakit campak dan rubella yang bisa menjangkiti semua kelompok umur dan paling rentan pada usia 9 bulan sampai 16 tahun.

“Kelompok usia itu bisa saja menjangkiti ibu hamil jika terinfeksi rubella tahap pertama dan dapat menyebabkan kematian janin dalam kandungan. Kalau sudah masuk tahap kedua dan ketiga bisa menyebabkan cacat,” terangnya. Kasrul menegaskan, pihaknya menargetkan semua anak akan disuntik vaksin rubella. Tidak boleh ada diskriminasi untuk melindungi bayi atau kelompok masyarakat. “Vaksin rubella aman. Hanya persoalan halal dan haram. Tidak mungkin, buah hati saya jadikan kelinci percobaan,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top